Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan Saat Hamil

No comment 138 views
Cara Menghilangkan Bau Badan

 

Cara menghilangkan bau badan semasa hamil, memang bukan perkara yang sulit. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa, timbulnya masalah bau badan saat hamil itu sudah menjadi sesuatu hal yang lumrah. Tak sedikit wanita hamil yang mengalami masalah ini. Hal itu bisa disebabkan lantaran perubahan hormon yang memicu keringat berlebih sehingga menimbulkan bau badan. Keringat juga dipicu karena bertambahnya beran badan, sehingga meningkatkan hormon progresteron. Hormon progresteron juga membuat perubahan pada pembuluh yang semula kecil, menjadi lebar sehingga akan mempengaruhi suhu tubuh.

Biasanya perubahan hormon ini akan terjadi pada trimester ketiga. Perubahan hormon yang tak terkendali, akan mempengaruhi hormon estradiol dimana hormon ini yang menjadi penyebab bau badan saat hamil. Nah, lantas bagaimana cara yang tepat mengatasi bau badan saat hamil? Untuk mengetahui caranya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Sebenarnya tidak ada batasan untuk memakan daging atau apapun yang sehat. Hanya saja, bagi Anda yang bermasalah dengan bau badan saat hamil, sebaiknya mengurangi porsi makan-makan yang berasal dari hewani. Mengkonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang lebih banyak, diyakini mampu mengurangi masalah bau badan. Namun ada beberapa jenis sayuran yang perlu Anda hindari. Sayuran dengan aroma kuat seperti dari keluarga umbi lapis (bawang), sebaiknya dihindari, karena bisa memicu bau yang lebih menyengat lagi.

  1. Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih, sedikitnya 10 gelas perhari, dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Selain itu, meminum air putih juga efektif untuk mencegah dehidrasi semasa hamil. Dengan cairan tubuh yang terjaga, akan mampu mengurangi bau badan saat hamil. Maka dari itu, rutinlah mengkonsumsi air putih, terlebih saat cuaca terlalu panas.

  1. Rajin lakukan senam hamil

Melakukan senam hamil atau olahraga ringan lainnya sangat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mengontrol keluarnya keringat dari tubuh. Jika keringat dapat keluar dengan lancar dan intensitasnya normal, maka dapat mengurangi bau badan. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan badan serta pakaian. Jika sudah berkeringat, maka segera bersihkan tubuh dan ganti pakaian dengan yang bersih.

  1. Gunakan pakaian longgar

Menggunakan pakaian yang longgar saat hamil memang sangat disarankan untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk lewat pori-pori pakaian. Jika pakaian yang digunakan terlalu ketat, maka sirkulasi udara akan terganggu sehingga menyebabkan tubuh akan lebih mudah berkeringat. Kalau sudah begini, biasanya akan timbul bau badan yang tidak sedap dari pakaian yang basah karena berkeringat. Maka dari itu, selalu gunakan pakaian yang longgar, agar lebih nyaman dan terhindar dari bau keringat.

  1. Mandi dengan campuran air perasan jeruk nipis

Jika bau badan di masa kehamilan sudah sangat mengganggu. Maka bisa juga diatasi dengan cara mandi menggunakan campuran air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis dipercaya sejak lama efektif untuk menghilangkan bau-bau-an yang tak sedap. Bahkan khasiat jeruk nipis ini sudah digunakan pada industri kosmetik untuk menghilangkan bau.

Untuk penggunaannya juga sangat mudah, siapkan air hangat untuk mandi. Lalu campurkan ke dalam air tersebut perasan jeruk nipis atau bila ada dapat juga menggunakan jeruk lemon. Lalu tinggal gunakan untuk mandi sebagaimana biasanya. Nantinya, aroma jeruk nipis yang kuat, akan mengusir bau badan dari tubuh Anda. Sehingga tubuh Anda akan kembali segar dan lebih terasa harum khas jeruk nipis.

Namun harap diperhatikan juga, karena air jeruk nipis bersifat antiseptic alami. Jadi jika ditubuh Anda ada luka, maka dapat menyebabkan rasa perih.

Leave a reply "Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan Saat Hamil"