Cara Aman Mengusir Tikus dari Rumah

No comment 149 views
Cara Mengusir Tikus

 

Cara mengusir tikus dari rumah sebenarnya gampang-gampang susah. Hewan pengerat yang suka memakan peralatan-peralatan di rumah ini kehadirannya memang tidak di undang. Bahkan setiap kali di usir hewan selalu kembali lagi dengan membawa tikus-tikus lainnya. Jadi wajar saja jika banyak orang yang sangat membenci hewan ini.

Tikus biasanya banyak ditemukan pada tempat-tempat yang kotor dan beraroma busuk, seperti tempat sampah, parit dan sejenisnya. Hewan ini juga dipercaya menjadi salah satu hewan yang dapat menyebarkan penyakit menular pada manusia. Jadi bila keberadaannya sampai di rumah, tentu akan sangat berbahaya sekali. Sebab itu, banyak cara dilakukan untuk membasmi tikus dari rumah.

Biasanya untuk membasmi tikus, biasa dilakukan dengan cara meracun atau menggunakan perangkap tikus. Memang cara ini cukup efektif dan cepat, hanya saja bila menggunakan racun, akan turut berdampak bagi kesehatan kita. Bisa saja racun yang di makan/ menempel pada tikus berpindah ke berbagai peralatan yang ada di rumah. Jika peralatan yang sudah terkena racun tikus itu terpapar atau sampai termakan oleh kita, maka bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Nah maka dari itu, maka perlu cara yang lebih aman untuk mengusir tikus dari rumah. So.. buat kamu yang mempunyai masalah dengan tikus di rumah, berikut cara aman yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

  1. Kapur barus

Salah satu cara yang aman untuk mengusir tikus dari rumah adalah dengan menggunakan kapur barus. Hewan pengerat ini memang sangat tidak menyukai bau-bauan yang harum yang menyengat seperti kapur barus. Apabila ia mencium bau kapur barus, ia akan menyingkir dan pergi menjauh dari tempat tersebut. Dengan menempatkan kapur barus pada tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus, maka tikus akan pergi dengan sendirinya dari rumah kamu. Jadi, bila rumah kamu terdapat tikus, jangan lupa untuk selalu persiapkan kapur barus di rumah.

  1. Memelihara Jangkrik

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghalau kedatangan tikus adalah dengan suara-suara seperti suara jangkrik. Tikus sangat membenci suara-suara bising dan riuh. Sedangkan jangkrik bisa membuat suara-suara nyaring dari menggesekkan kedua sayapnya. Suara ini dapat mengganggu pendengaran tikus, sehingga membuat tikus menjauh dari rumah kamu. Selain itu suara-suara jangkrik juga bisa dijadikan terapi untuk membuat tidur kita menjadi tenang dan nyenyak. Karena suara yang dihasilkannya dari jangkrik akan memberikan kesan alami, seperti sedang berada di daerah pedesaan. Jadi, sangat bermanfaat bukan!

  1. Irisan bawang

Sama halnya dengan kapur barus, irisan bawang juga menghasilkan bau-bauan yang tidak disukai oleh hewan pengerat ini. Bumbu dapur yang menjadi penyedap alami makanan ini memiliki khasiat lain sebagai pengusir tikus yang cukup ampuh. Cara penggunaanya bawang untuk mengusir tikus adalah dengan merajang bawang kemudian tempatkan pada daerah-daerah yang sering dilalui oleh tikus. Maka dengan begitu tikus tidak akan berani melaluinya dan keluar dari dalam rumah kamu.

  1. Cuka Dapur

Sebagai bahan-bahan dapur yang bisa memberikan rasa asam pada makanan, cuka juga memiliki manfaat lain untuk mengusir tikus dari dalam rumah. Caranya juga tidak sulit, persiapkan kapas muka, kemudian basahi dengan cuka dapur, lalu tempatkan pada area yang sering dilalui tikus atau bisa juga ditempatkan pada sarang tikus. Bau cuka yang menyengat, akan mengusir tikus dari dalam sarang dan keluar dari rumah kamu secara sukarela.

Leave a reply "Cara Aman Mengusir Tikus dari Rumah"