Penyebab Mual Saat Hamil

No comment 168 views
Mual Saat Hamil

 

Mual saat hamil memang bukan sesuatu yang luar biasa. Karena berdasarkan banyak pengalaman wanita hamil, mual terutama pada awal-awal kehamilan adalah sesuatu yang biasa terjadi. Namun meskipun begitu, tidak boleh juga dianggap remeh. Rasa mual yang hebat dan tidak segera diatasi juga bisa memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kondisi Ibu dan janin. Maka dari itu, Ibu harus tanggap tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh, bila terlalu sering mual.

Menurut pakar kehamilan, rasa mual biasanya muncul pada minggu pertama hingga memasuki bulan ketiga. Namun pada kasus tertentu, rasa mual bisa juga muncul pada trimester terakhir kelahiran. Umumnya, mual yang hebat akan terjadi pada pagi hari, sehingga sering juga disebut dengan istilah morning sickness. Namun ada juga beberapa wanita hamil yang bisa mengalami mual sepanjang hari, dan ini yang perlu diwaspadai.

Rasa mual memang sangat mengganggu, terlebih bagi Ibu yang mempunyai kesibukan diluar rumah. Mual yang muncul secara tiba-tiba biasanya dibarengi dengan rasa ingin muntah. Kondisi seperti ini lambat laun akan membuat kondisi fisik Ibu menjadi lebih lemah, dan juga dapat mempengaruhi kerja otak sehingga sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan. Nah, buat Ibu yang penasaran mengapa mual saat hamil dapat terjadi, berikut beberapa penyebabnya:

  1. Kondisi Hormon

Pada saat hamil, tubuh Ibu akan mengalami perubahan hormon, dimana hormon Human Chorionic Gonadotropin (HGC) diproduksi oleh tubuh. Peningkatan hormon ini, bisa menjadi penyebab munculnya perasaan ingin mual dan muntah. Dan kondisi seperti ini, adalah kondisi normal untuk Ibu hamil. Jadi Ibu tidak perlu terlalu khawatir! Yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasinya. Nah, jika Ibu mengalami ini, maka cara yang bisa dilakukan untuk menekan rasa mual adalah dengan beristirahat yang cukup dan menjaga pola makan sehat.

  1. Hormon Estrogen

Tak hanya hormon HCG saja yang meningkat, pada saat hamil, hormon-hormon lain seperti hormon Estrogen juga mengalami peningkatan yang signifikan. Meningkatnya hormon estrogen dapat membuat mual datang lebih awal. Namun Ibu tidak usah khawatir, karena gejala ini juga masih normal. Biasanya akan reda dengan sendirinya dalam tempo waktu beberapa minggu hingga 3 bulan.

  1. Sensitif terhadap Bau-bauan

Banyak Ibu hamil yang mengalami masalah dengan bau-bauan. Saat mencium bau tertentu, tubuh Ibu hamil akan bereaksi dan tak jarang menjadi mual. Bau-bau yang menyengat seperti parfume, buah durian dan sebagainya bisa menimbulkan secara spontan rasa mual yang cukup hebat. Nah, jika Ibu mengalami hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghindari sumber-sumber bau tersebut, agar tidak lagi terhirup oleh hidung.

  1. Stress

Kondisi fisik yang tidak stabil/stress juga bisa disinyalir menyebabkan timbulnya rasa mual. Saat stress tubuh dan fikiran tidak sinkron sehingga dapat menimbulkan pusing dan rasa mual yang hebat. Nah untuk menanganinya, Anda hanya perlu untuk beristirahat, dan melakukan gerakan senam ringan untuk meredakan stress.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Untuk yang satu ini sebenarnya agak jarang terjadi, Ya! Namun jika hal ini terjadi pada Anda seperti buang air kecil terasa nyeri atau keluar darah (infeksi), maka wajib untuk mengkonsultasikannya pada dokter spesialis terpercaya. Hal ini sangat penting, karena kalau tidak, kondisi akan semakin parah dann akan membuat tubuh menjadi lemas dan kehilangan tenaga. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan sejak dini.

Leave a reply "Penyebab Mual Saat Hamil"