Tips Mengatasi Bayi yang Menangis Secara Terus Menerus

Kolik pada bayi

 

Menangis merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh para bayi. Karena, ketika baru keluar dari kandungan, seorang bayi umumnya akan menangis dan hal tersebut pun menjadi hal yang lumrah untuk para bayi. Namun, meskipun menangis merupakan hal yang wajar, Anda juga perlu mewaspadai apabila bayi Anda menangis secara terus menerus. Karena bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda bahwa bayi sedang mengalami kolik.

Kolik pada bayi berarti suatu kondisi ketika bayi menangis tanpa sebab secara begitu saja. Kondisi ini biasanya ditandai juga oleh tangisan yang kencang selama berjam-jam, wajah yang kemerahan, tangan yang mengepal, hingga perut yang mengeras. Tapi, jangan khawatir karena apabila kolik terjadi pada anak Anda, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan melakukan berbagai hal berikut ini :

Gunakan botol hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan kolik yakni dengan menggunakan botol hangat. Tempelkan botol hangat yang telah dibungkus handuk ke bagian perut anak Anda. Cara ini dapat membuat perut terasa hangat dan anak Anda pun akan merasa tenang hingga berhenti menangis.

Pijat lembut bayi

Pijatan yang Anda berikan kepada bayi juga dapat secara efektif menghentikan tangisannya. Berikan pijatan yang lembut agar bisa dinikmati oleh anak Anda. Perhatikan juga respon anak Anda apabila ia nyaman maka pijatan tersebut dapat secara efektif menghentikan tangisannya. Namun apabila tidak, maka gunakan cara lain yang lebih efektif.

Mainkan bunyi-bunyian

Anak-anak mulai sejak bayi suka untuk bermain dengan menggunakan mainan yang berbunyi. Mainkan mainan yang memiliki bunyian agar anak Anda teralihkan perhatiannya dan tertarik dengan mainan tersebut. Selain dapat menghentikan tangisan, cara tersebut juga dapat mengasah saraf motorik anak Anda.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan apabila bayi Anda menangis secara terus menerus. Jangan lupa berikan juga nutrisi terbaik untuk bayi Anda sejak hamil 10 minggu atau saat sang bayi masih berada di dalam kandungan. Sehingga, tumbuh kembang anak Anda akan terjaga dan Anda pun bisa memiliki anak yang sehat dan cerdas di masa depan.

Leave a reply "Tips Mengatasi Bayi yang Menangis Secara Terus Menerus"