Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berjamur

No comment 34 views

Tidak perlu galau berlebihan jika dot bayi mengalami kerak atau berjamur. Yang terpenting sekarang bunda coba untuk membersihkan jamur tersebut ya. Karena jika tidak akan sangat berbahaya. Dikhawatirkan jamur tersebut menjadi tempat berkumpulnya bakteri atau mikroorganisme yang nantinya dapat menyerang si kecil.

sabun botol susu bayi

 

Hal pertama yang perlu bunda pastikan adalah dot bayi ini juga aman. Artinya dot tersebut terbuat dari bahan yang ramah untuk si kecil. Kemudian untuk alat pembersihnya, bunda juga perlu siapkan sabun botol susu bayi Sleek. Cairan ini terbukti aman dan mampu membersihkan kerak maupun jamur yang membandel. Di samping itu, sabun ini juga termasuk pencuci foodgrade. Artinya kalau misal ada bekas air sabun yang tertinggal nantinya juga tak jadi masalah.

Lalu jika perlengkapan untuk mencuci ini sudah siap, yang bisa bunda lakukan adalah rebus air terlebih dulu. Kemudian masukkan cairan sleek di dalamnya.

Setelah itu, bunda bisa gunakan sarung tangan dari karet biar nantinya tangan bunda tidak kepanasan. Selanjutnya dot ini bisa direndam sekitar 9 menit.

Bila perlu bunda bisa sekalian membersihkan botol bayi. Biar sekalian bersih. Lalu pada bagian dot itu bisa mulai bunda bersihkan dengan menggunakan sabun botol susu bayi tadi. Lihat bunda, perlahan nantinya kerak atau jamur itu akan menghilang.

Nah, setelah itu coba celupkan lagi ke dalam air panas tadi untuk menyingkirkan kotoran yang mungkin menempel. Ulangi terus langkah ini sampai akhirnya dot menjadi bersih.

Oh iya, saat menggunakan sabun pencuci foodgrade untuk membersihkan dot ini, bunda juga tidak hanya membersihkan dot bagian luar saja ya. Tapi juga pastikan dot bagian dalamnya ikut dibersihkan. Jadi bunda bisa balik pada dot bagian dalamnya dan kemudian mulai untuk membersihkannya dengan menggunakan sabun botol susu bayi tadi.

Selanjutnya jika sudah bersih, kita akan masuk ke tahap melakukan proses pembilasan. Untuk membilas dot yang sudah dibersihkan dari jamur dan kerak yang menempel itu, bunda bisa menggunakan air hangat. Jadi bunda bisa alirkan air hangat pada dot tersebut.

Lalu bunda bisa mengeringkannya dengan lap yang bersih dan menyimpannya di tempat yang tertutup.

Gampang kan bunda cara untuk membersihkan dot bayi yang mengerak atau menguning? Coba dulu deh untuk mempraktikkan cara di atas. Yang penting bunda harus pastikan menggunakan sabun pencuci foodgrade ya, biar lebih aman buat si kecil.

Leave a reply "Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berjamur"