Ini Dia Siklus Tumbuh Kembang Anak 0-12 Bulan yang Harus Anda Ketahui

Tidak ada tinggi dan berat badan ideal untuk bayi, tetapi ada pola pertumbuhan yang diikuti kebanyakan bayi. Melacak tinggi dan berat badan bayi Anda pada grafik pertumbuhan akan memungkinkan dokternya untuk melihat apakah ia berkembang sesuai dengan pola ini. Anak laki-laki dan perempuan memiliki grafik pertumbuhan yang terpisah, karena anak laki-laki rata-rata sedikit lebih berat dan lebih tinggi daripada anak perempuan, dan pola pertumbuhan mereka berbeda.

Siklus Tumbuh Kembang Anak 0-12 Bulan

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang siklus tumbuh kembang anakmaka Anda bisa untuk mengikuti pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini. Sedangkan untuk memeriksa tumbuh kembang bayi Anda cocok dengan rentang ini dapat meyakinkan Anda bahwa bayi Anda berada dalam kondisi yang normal dengan berat badan dan pengukuran lingkar kepala sesuai dengan usianya.

Berikut ini Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulanyaitu sebagai berikut ini:

1. Bayi 1-3 Bulan.

Pada usia ini, bayi memiliki pertambahan berat badan bayi 680-910 gram pada setiap bulannya. Dengan panjang badan yang bertambah kurang lebihnya 2,5 cm pada setiap bulan.

2. Bayi 4-6 Bulan.

Usia 4-5 bulan, bayi memiliki pertumbuhan berat badan menjadi 2 kali lipat sejak berat lahir, dengan panjang badannya yang bertambah hingga 1,25-2,5 cm untuk per bulannya dengan lingkar kepala yang bertambah 1,25 cm untuk per bulannya.

3. Bayi 7-9 Bulan.

Bayi usia ini memiliki berat badan sebanyak 450 gram pada setiap bulannya. Sedangkan bayi laki-laki biasanya memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan perempuan.

4. Bayi 10 – 12 bulan.

Panjang badan dan juga lingkar kepala bayi usia 10 – 12 bulan bertambah 0,6 cm pada setiap bulannya. Bayi lebih lancar dalam merambat, dapat berdiri tanpa berpegangan, dan berjalan dengan dituntun maupun berpegangan.

Sedangkan mengenali tahap pertumbuhan dan juga melihat perkembangan anak menjadi hal yang sangatlah penting untuk diketahui para orang tua. Jika Anda sudah mengetahui tumbuh kembang bayi Anda, maka bisa untuk memberikan rangsangan yang sesuai dalam membantu tumbuh dan kembangnya buah hati Anda serta memantau sekaligus menangani permasalah maupun gangguan yang timbul.

Advertisements

Leave a reply "Ini Dia Siklus Tumbuh Kembang Anak 0-12 Bulan yang Harus Anda Ketahui"