Label PEFC dan CFCC di Kertas Buatan Perusahaan Sukanto Tanoto Jadi yang Pertama di Dunia

Sukanto Tanoto

 

Royal Golden Eagle (RGE) yang didirikan oleh pengusaha Sukanto Tanoto merupakan korporasi kelas internasional. Mereka tidak hanya ada di Indonesia, namun juga punya anak perusahaan di luar negeri. Sama seperti yang di dalam negeri, unit bisnis bagian RGE itu juga meraih prestasi. Salah satunya ditunjukkan oleh Asia Symbol yang sanggup menyandingkan label Programme for the Endorsement of Certification (PEFC) dan China Forest Certification Scheme (CFCC).

Sukanto Tanoto, Chairman RGE, mampu membesarkan perusahaannya dari bisnis skala lokal hingga menjadi korporasi global.

Lihat saja, awalnya Sukanto Tanoto menggeluti industri kayu lapis di Sumatra Utara saat pertama kali RGE berdiri. Namun, kini, perusahaannya itu punya cabang dan anak perusahaan hingga di Singapura, Malaysia, Filipina, Brasil, Tiongkok, dan Kanada.

Asia Symbol merupakan salah satu perusahaan Sukanto Tanoto yang ada di Tiongkok. Mereka berkecimpung di industri pulp dan kertas sejak berdiri pada 2005 lalu.

Nama mereka di Tiongkok cukup besar. Asia Symbol dikenal sebagai produsen pulp dan kertas papan atas dengan kapasitas produksi tinggi. Dengan basis produksi di Shandong (Rizhao) dan Guangdong (Xinhui), perusahaan Sukanto Tanoto ini mampu menghasilkan pulp hingga 2 juta ton per tahun. Hasil produksi itu masih ditambah dengan 1 juta ton fine paper dan 530 ribu ton paper board.

Akan tetapi, bukan hanya kapasitas produksi tinggi yang membuat Asia Symbol mendapat respek tinggi di industrinya. Ternyata mereka mampu meraih prestasi besar dengan menyandingkan label PEFC dan CFCC di produk buatannya.

Asia Symbol bisa melakukannya sejak Juni 2015 lalu. Kala itu, mereka memasang label PEFC dan CFCC secara bersamaan di kertas PaperOne 85g copy paper yang diproduksinya.

Hal itu jelas luar biasa. Sebab, PEFC dan CFCC merupakan sistem sertifikasi yang menjadi jaminan bahwa produk dibuat dari bahan baku dan proses yang legal dan tidak merusak alam.

PEFC merupakan sistem sertifikasi kehutanan terbesar di dunia.  Sampai saat ini tercatat ada lebih dari 264 juta hektare hutan dan 15.804 perusahaan telah disertifikasi PEFC.

Adapun PEFC sendiri merupakan lembaga internasional nonprofit yang independen. Mereka memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan.

Terdapat dua cara dari PEFC untuk menjalankan sertifikasi. Pertama adalah Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari. Sistem sertifikasi ini mengakui operasional yang menjaga nilai-nilai ekologi, sosial dan ekonomi hutan. Sedangkan yang kedua adalah Sertifikasi Rantai Pemeliharaan (CoC). Hal ini mengacu kepada pendekatan pemantauan setiap langkah dari rantai pasokan dari hutan ke konsumen.

Memiliki sertifikat PEFC berarti penting bagi sebuah produk. Ini menandakan produknya diperoleh dan diproduksi dari proses produksi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

Lain lagi dengan CFCC. Ini badan sertifikasi berkelanjutan dalam China Forest Certification Scheme. Mereka merupakan gabungan dari pihak pemerintah, perusahaan, peneliti, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta pemangku kepentingan lain di dalam industri kehutanan Tiongkok.

Kehadirannya bertujuan untuk menjadi jaminan praktik berkelanjutan dalam industri kehutanan di Tiongkok. Keabsahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Kehadiran CFCC pada 2014 juga didorong oleh PEFC.

Memiliki salah satu sertifikat PEFC atau CFCC saja di produknya sudah menunjukkan keseriusan sebuah perusahaan dalam perlindungan alam. Apalagi jika mampu menggabungkannya. Maka, tak heran, Asia Symbol mendapat apresiasi tinggi. Sebab, mereka merupakan pihak pertama di dunia yang sanggup melakukannya.

Operasional Yang Ramah Lingkungan

Sukanto Tanoto

 

Pasar global saat ini mengikuti perubahan yang ada. Publik semakin sadar arti penting kelestarian alam. Ini berakibat konsumen menuntut produsen agar menjalankan operasional yang ramah lingkungan.

Sertifikasi seperti PEFC dan CFCC menjadi acuan bagi konsumen untuk menakar tindakan sebuah perusahaan terhadap alam. Memiliki sertifikat keberlanjutan menandakan perusahaan tersebut bertanggung jawab.

Melihat kondisi tersebut, tidak mengherankan Asia Symbol merasa sangat bangga ketika mendapatkannya. Mereka menilainya sebagai keuntungan besar bagi perusahaan.

“Sertifikasi PEFC dan CFCC menunjukkan bahwa Asia Symbol memberi kontribusi dalam menggalakkan manajemen hutan berkelanjutan. Sertifikasi ini juga menolong kami untuk mengembangkan pasar dan memenangi pengakuan dan dukungan masyarakat,” kata Direktur Bisnis Asia Symbol (Guangdong) Hsu Chung Chen.

Operasional perusahaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab memang sudah menjadi bagian dalam keseharian Asia Symbol. Langkah yang ditempuh untuk melakukannya beragam. Salah satunya dengan penggunaan teknologi terbaru.

Asia Symbol selalu mengadopsi perkembangan teknologi yang dirasa mendukung pelestarian alam. Hal itu diterapkan di berbagai pabriknya. Akibatnya ada penghematan energi yang cukup besar. Tentu saja hal itu menambah harmoni dengan lingkungan.

Kebijakan yang diambil Asia Symbol itu berbuah manis. Pabriknya yang di Rizhao tercatat sebagai perusahaan produsen pulp dengan teknologi tinggi dengan prestasi besar. Mereka mampu konsisten menekan emisi selalu jauh di bawah aturan yang ditetapkan oleh pemerintahnya.

Akan tetapi, kepedulian Asia Symbol bukan hanya kepada alam semata. Mereka juga memperhatikan masyarakat di sekitar area operasionalnya. Perusahaan Sukanto Tanoto ini tercatat sering melakukan sejumlah aksi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mereka sering memberikan pelatihan beragam keterampilan yang berguna untuk peningkatan pendapatan. Selain itu, Asia Symbol juga mendukung perkembangan pebisnis lokal dengan mengajari sistem manajemen dan produksi yang baik.

Terkait pendidikan, Asia Symbol malah semakin konsen. Mereka membangun sejumlah sekolah perpustakaan di berbagai daerah. Bukan hanya itu, perusahaan Sukanto Tanoto ini kerap pula memberikan beasiswa kepada siswa yang membutuhkan. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat di sekitarnya.

Asia Symbol memang memasukkan kepedulian terhadap masyarakat ke dalam Kebijakan Keberlanjutan milik mereka. Dengan itu, mereka ingin membagikan kesadaran terhadap arti penting pelestarian alam kepada pihak lain. Maka, perusahaan Sukanto Tanoto ini rutin menggelar dialog dan komunikasi dengan pelanggan, masyarakat, pemerintah, hingga pemangku kepentingan lain demi operasional perusahaan terbaik.

Hal itu dilakukan oleh Asia Symbol sebagai perwujudan filosofi bisnis 5C yang ada di tubuh RGE. Di sana tercantum kewajiban agar berguna bagi pelanggan, masyarakat, negara, hingga bumi, sehingga akan bermanfaat bagi perusahaan.

Filosofi itu dicanangkan oleh Sukanto Tanoto. Ia mengharuskan semua pihak di bawah naungan RGE memandangnya sebagai arahan kerja yang memandu operasional perusahaan. Bukan hanya di Indonesia, di negara lain prinsip kerja tersebut tetap relevan. Tidak aneh Asia Symbol yang berbasis di Tiongkok juga mampu menjalankannya.

Hal itu pula yang akhirnya membawa mereka mampu mendapatkan label PEFC dan CFCC secara bersamaan di produk buatannya. Itu merupakan bukti nyata bahwa perusahaan Sukanto Tanoto ini menjalankan produksi yang tidak merusak lingkungan sama sekali. Dengan kata lain, itu juga tanda sebagai perusahaan peduli alam.

Advertisements

Leave a reply "Label PEFC dan CFCC di Kertas Buatan Perusahaan Sukanto Tanoto Jadi yang Pertama di Dunia"