Tahap Perkembangan Hamil 6 Bulan

No comment 321 views

Pada saat usia hamil 6 bulan, berbagai hal yang harus diketahui oleh semua ibu hamil salah satunya yaitu dalam hal perkembangan janin yang ada didalam rahim. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada tahap ini janin mengalami perkembangan yang sangat pesat jika ibu hamil tidak mengetahui perkembangannya dikhawatirkan janin yang ada didalam perut yang seharusnya berkembang malah tidak berkembang.

Hamil 6 Bulan

 

Saat usia kehamilan 6 bulan, biasanya perkembangan janin ditandai dengan bertambahnya berat serta ukuran tinggi janin, jika kedua hal ini tidak bertambah saat anda mengetahuinya dari hasil USG berarti perkembangan janin yang ada didalam rahim tidak bagus sehingga anda perlu melakukan berbagai hal agar perkembangan janin kembali semula salah satunya yaitu dengan mengganti kebiasaan yang buruk menjadi kebisasan yang baik seperti senantiasa mengkonsumsi makanan yang bernutrisi jika perlu anda dianjurkan untuk meminum susu kehamilan secara teratur.

Perlu anda ketahui bahwa pada tahap ini peran seorang ibu sangatlah penting demi menunjang tumbuh kembang janin. Namun, sebelumnya dipastikan ibu hamil perlu mengetahui perkembangan janin yang semestinya itu seperti apa sehingga dengan hal tersebut akan memudahkan ibu hamil untuk menjaga kehamilannya. Cara untuk mengetahuinya tidak hanya selalu bertanya kepada dokter kehamilan saat sedang pemeriksaan USG saja melainkan anda juga bisa mencari tahu dari buku seputar kehamilan atau browsing di internet.

Berikut Beberapa Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 6 Bulan

Seperti yang telah disebutlan pada ulasan diatas bahwa saat usia kehamilan 6 bulan, perkembangan janin didalam perut sangatlah pesat maka dari itu ibu hamil perlu mengetahui perkembangannnya dengan pasti hal ini bertujuan agar ibu hamil bisa mengetahui apakah janin tubuh kembang dengan baik atau sebaliknya. Berikut beberapa perkembangan janin saat hamil usia 6 bulan yang perlu diketahui:

  1. Jaringan kulit janin sudah mulai terbentuk dari sebelumnya tipis menjadi agak tebal namun masih terlihat transparan dan lembut.
  2. Indera penglihatan (mata) sudah mulai berkembang dengan sempurna dibandingkan dengan tahap sebelumnya. Retina mata janin sudah mulai sempurna namun sayangnya fungsi dari retina belum bisa berkembang sehingga janin masih belum bisa melihat.
  3. Sistem jaringan yang terdapat dalam paru-paru sudah mulai bisa berfungsi dan menghasilkan surfactant atau cairan yang akan mencegah terjadinya pelengketan antara paru-paru yang satu dengan paru-paru lainnya namun walaupun sudah terlihat berfungsi pada saat ini paru-paru janin belum matang dan akan adanya pematangan pada usia kehamilan selanjutnya.
  4. Bentuk kepala janin sudah terlihat normal seperti bentuk kepala bayi pada umumnya.
  5. Pada usia kehamilan 6 bulan janin sudah mulai mempunyai jam tidur sehingga dengan ini ibu hamil akan bisa merasakannya dari pergerakan janin yang lumayan kuat.
  6. Janin sudah memiliki berat kurang lebih 600 gram dengan ukuran tinggi 35 cm.
  7. Sistem jaringan otak sudah mulai berkembang dengan pesat dibandingkan dengan perkembangan tahap sebelumnya bahkan beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa pada usia kehamilan ini janin sudah mulai bisa bermimpi saat tidur.
  8. Sistem organ didalam tubuh janin sudah mulai berkembang dan mulai terjadinya pematangan.
  9. Jaringan lemak tubuh sudah mulai terbentuk dan berkembang dibandingkan dengan sebelumnya.

Nah, itulah sekilas tentang beberapa perkembangan janin saat usia kehamilan 6 bulan. Pada tahap ini tentunya tidak hanya janin saja yang akan mengalami perkembangan, bahkan ibu hamil juga akan mengalami beberapa hal perubahan seperti kenaikan berat badan, timbulnya stretchmark dan sebagainya.

Leave a reply "Tahap Perkembangan Hamil 6 Bulan"