Seberapa Besar Potensi Investasi Peer To Peer Lending di Indonesia?

Sejak puluhan tahun yang lalu, skema investasi telah banyak berkembang. Mulai dari saham, deposito hingga money game pernah menjadi saksi investasi di dunia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, konsep investasi kini menjadi lebih modern dan mengarah pada kemudahan dengan adanya internet salah satunya adalah peer to peer lending. Di Indonesia, peer to peer lending tergolong sebagai investasi yang potensial dan bisa menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasannya.

Peer To Peer Lending di Indonesia

 

Mengubah kultur pinjaman

Kehadiran skema investasi peer to peer lending di Indonesia memberikan pembaharuan dalam kultur peminjaman uang di Indonesia. Jika sebelumnya pinjaman uang untuk modal usaha didapatkan melalui lembaga keuangan perbankan atau lembaga keuangan konvensional lainnya, skema peer to peer lending memberikan warna baru dalam kultur pinjaman. Jika biasanya pihak bank yang mengatur seputar bunga yang ditawarkan, skema peer to peer lending memberikan kebebasan kepada pihak debitur untuk mencantumkan nominal bunga pertahunnya sesuai dengan keinginan mereka. Perubahaan kultur pinjaman yang lebih transparan seperti ini bisa membuat skema peer to peer menjadi salah satu skema pinjaman yang cukup potensial untuk masa mendatang.

Skema investasi yang jelas

Selain kultur pinjaman yang berubah, skema peer to peer lending di Indonesia juga menjanjikan skema investasi yang jelas arah dan tujuannya. Skema investasi yang jelas ini membuat para investor atau pihak yang ingin meminjam dana bisa memantau untuk apa dana mereka digunakan dan dari mana profit tersebut berasal. Skema investasi yang jelas juga membuat para investor mengetahui bahwa peer to peer lending bukanlah money game dan tergolong investasi terpercaya yang menggiurkan.

Persentase profit yang cukup tinggi

Potensi besar peer to peer lending dapat tercermin dari persentase profit yang ditawarkan. Hingga saat ini, persentase profit yang ditawarkan oleh platform peer to peer lending di Indonesia tergolong cukup tinggi yakni berkisar antara 10%-20% per tahunnya. Jumlah ini tentu akan sangat menggiurkan bagi mereka yang menginginkan passive income dengan imbal hasil yang tinggi dan dengan modal yang kecil pula.

Advertisements

Leave a reply "Seberapa Besar Potensi Investasi Peer To Peer Lending di Indonesia?"