Nutrisi Penting Untuk Perkembangan Otak Anak di Usia 1 Tahun

Mengamati perkembangan otak anak 1 tahun memang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Sebab hal ini sangat penting karena berpengaruh besar pada kecerdasan anak saat ia tumbuh menjadi dewasa. Meskipun pada dasarnya kecerdasan anak lebih pada faktor keturunan (genetika), namun faktor lain seperti lingkungan dan asupan nutrisi juga ternyata memberikan dampak yang cukup besar pada perkembangan otak si anak.

Perkembangan Otak Anak 1 Tahun

Saat anak masih dalam kandungan, pemberian nutrisi sudah harus dilakukan. Makanan yang bergizi akan memberikan manfaat besar pada pertumbuhan otaknya. Selain itu, asupan nutrisi (vitamin dan mineral) yang cukup juga dapat melindungi tubuhnya dari serangan-serangan penyakit yang bisa mempengaruhi perkembangan otak. Tak hanya itu, pemberian nutrisi juga mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak anak. Jika nutrisi yang diberikan berkualitas baik, maka percabangan sel-sel otak juga akan semakin bagus, ini berhubungan dengan fungsi sinapsis otak sehingga anak mampu merespon ‘perintah’ dengan sangat baik. Nah, dengan begitu tidak ada alasan untuk tidak memberikan nutrisi yang lengkap pada anak, Ya! Sebab ini sangat berhubungan pada kecerdasan otaknya.

Oia.. jika pemberian nutrisi sangat berpengaruh besar pada perkembangan otak anak 1 tahun, lantas apa saja, Sih! nutrisi yang diperlukan untuk otak anak? Biar lebih jelasnya, berikut ada nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak anak.

  1. AA dan DHA

Arachidonic acid (AA) dan Docosahexanoid acid (DHA) merupakan mineral penting dalam golongan asam lemak esensial. Mineral ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga perlu asupan AA dan DHA yang berasal dari makanan-makanan sehat seperti ikan tuna, salmon, sarden, daging serta telur. Baik AA dan DHA sama-sama berperan dalam hal pertumbuhan sistem saraf pusat (otak). AA berfungsi sebagai neurotransmitter (zat penghantar) sedangkan DHA memiliki peran dalam pembetukan sel-sel saraf dan percabangan saraf.

  1. Asam lemak omega 3, 6, 9

Omega 3, 6, 9 juga diperlukan dalam mendukung perkembangan otak anak 1 tahun, terlebih Omega 3. Asam lemak ini adalah yang paling sangat penting di antara asam-asam lemak lainnya. Fungsinya, sebagai anti peradangan serta dapat menghindari terjadinya penggumpalan darah pada sistem saraf pusat.

Sama halnya dengan AA dan DHA, asam lemak omega (esensial) ini juga tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asupan nutrisi ini bisa diperoleh melalui makanan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna. Selain itu, jenis kacang-kacangan seperti walnut, atau sayuran segar berwarna hijau juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Dengan asupan nutrisi Omega 3 yang cukup, otak anak akan lebih cepat berkembang sehingga anak akan tumbuh menjadi lebih cerdas dan aktif.

  1. Asam amino

Selain kedua mineral di atas, asam amino juga ternyata memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan otak anak usia 1 tahun. Asam ini memiliki peranan penting pada pembentukan struktur otak dan zat penghantar rangsang (neutransmitter) pada sistem saraf pusat. Selain itu asam amino juga mengatur pembentukan senyawa serotonin yang miliki fungsi penting pada kemampuan daya ingat. Karena asam amino ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh, makanan berprotein tinggi seperti daging sapi, ayam, telur, aneka produk susu dan kacang-kacangan, dapat memenuhi kebutuhan asam amino dengan sangat baik.

Advertisements

Leave a reply "Nutrisi Penting Untuk Perkembangan Otak Anak di Usia 1 Tahun"