Tips Berkendara Mobil yang Aman Saat Musim Hujan Tiba

No comment 129 views
Tips Berkendara Mobil Saat Hujan

 

Saat musim hujan tiba, memang salah satu hal yang harus di perhatikan adalah supaya bisa lebih waspada adalah ketika sedang berkendara atau membawa mobl. Karena yang namanya musim hhujan ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah yang bisa membahayakan. Mulai dari masalah banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang. Oleh karena itu, memang sangat penting sekali dalam meningkatkan kewaspadaan ketika sedang musim hujan tiba. Selain itu juga menjaga kondisi prima sata berkendara pun sangat penting sekali. Agar dalam berkendara menjadi lebih fikus. Jangan jupa juga untuk menyiapkan berbagai macam perlengkapan penunang yang dibutuhkan. Mulai dari kotak P3K, dongkrak, segi tiga pengaman, ban cadangan dan yang lainnya. Saat musim hujan memang tingkat kewaspadaan harus di tingkatkan lagi, supaya berkendara mobil juga bisa berjalan lebih aman dan juga lancar. Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips mengenai berkendara mobil yang aman saat musim hujan sudah tiba, diantaranya yaitu :

  1. Perhatikan kecepatan sesuai dengan kondisi

Tips pertama ketika berkendara saat musim hujan tiba adalah dengan mempertahankan kecepatan sesuai dengan kondisi pada lapangan. Perhatikan lingkungan sekitar  apakah ada air yang tergenang atau tidak dan juga mengemudilah sesuai dengan jarak pandang.

  1. Gunakan putaran mesin yang rendah

Saat musim hujan tiba, sebaiknya anda mengendarai mobil dengan menggunakan putaran mesin yang rendah. Agar nantinya mobil tidak mengalami yang namanya sliding.

  1. Hidupkan lampu kecil

Jangan lupa juga untuk menggunakan lampu kecil atau lampu day time. Karena jika menggunakan lampu hazard saat musim hujan, bisa menggangu pandangan para pengemudi yang lainnya, dan tentu saja hal ini sangat berbahaya sekali.

  1. Perhatikan jarak pengereman

Ketika kondisi sedang hujan, maka sebaiknya anda harus perhatikan jarak pengereman. Karena ketika sedang musim hujan, untuk proses pengeremannya sendiri membutuhkan jarak yang lebih panjang dibandingkan dengan saat kondisi masih kering.

  1. Jangan gunakan kecepatan tinggi saat genangan air tipis

Ketika mobil sedang melewati genangan air yang tipis, sebaiknya anda tidak menggunakan kecepatan yang tinggi, karena ban tidak bisa mencengkram jalan dengan baik, dan bisa menyebabkan melayang. Sehingga hal tersebut justru akan membuat mobil pun menjadi tidak stabil ketika sedang melaju.

  1. Waspada

Tips terakhir adalah selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar.  Pastikan kalau anda memiliki nomor penting yang bisa dihubungi saat keadaan sedang darurat. Misalkan anda terjebak banjir ataupun longsor.

Semoga beberapa Tips berkendara mobil yang aman saat musim hujan tiba ini bisa bermanfaat untuk yang sudah membacanya. Namun jika ingin mendapatkan artikel menarik lainnya mengenai otomotif yang lebih lengkap lagi, anda bisa menyimaknya di situs otoupdates.com

Leave a reply "Tips Berkendara Mobil yang Aman Saat Musim Hujan Tiba"