Ulasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Beli Pulsa Secara Online Maupun Offline

Kebutuhan manusia terhadap pulsa kini setara dengan kebutuhannya terhadap barang primer, yakni makan, sandang dan tempat tinggal. Tanpa pulsa kegiatan ke hari-hari dapat tersendat karena kegiatan komunikasi yang tidak lancar. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, cara beli pulsa pun semakin mudah karena begitu banyaknya penyedia jasa penjualan pulsa. Banyak konter dan toko online yang menyediakan fasilitas mudah untuk konsumen yang membeli pulsa sehingga mempermudah konsumen.

Beli Pulsa Online  

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk beli pulsa yaitu cara offline dengan mendatangi konter-konter penyedia jasa penjualan pulsa atau bisa dengan cara online. Baik cara online maupun cara online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam membeli pulsa secara online dan offline:

1. Offline

Cara ini adalah cara manual dengan mendatangi konter-konter yang banyak tersebar di berbagai tempat. Cara ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet pada hp. Kelebihannya Anda dapat bertatap muka dengan penjual sehingga apabila terdapat keluhan Anda dapat langsung mengajukannya kepada penjual. Cara ini mempermudah Anda apabila Anda belum begitu tau tatacara pembelian pulsa. Anda dapat menanyakannya kepada penjual tentang berbagai hal yang menjadi pengetahuan dasar dalam bertransaksi pulsa. Anda juga dapat melakukan pembayaran secara kontan kepada penjual. Tetapi cara ini juga memiliki kelemahan. Anda harus mendatangi konter pulsa pada jam tertentu karena konter pulsa hanya dibuka pada jam tertentu saja. Diluar jam yang ditentukan, Anda tidak dapat memperoleh pulsa. Saat musim hujan Anda harus terkena hujan untuk datang ke konter sehingga akan mempersulit Anda. Apalagi bila rumah Anda jauh dari konter. Selain menghabiskan biaya transportasi Anda juga harus membuang waktu untuk pergi ke konter.

2. Online

Pembelian pulsa dengan cara ini mulai populer di masyarakat. Pasalnya pembelian pulsa secara online lebih mudah dilakukan daripada pembelian secara manual. Anda tidak perlu repot-repot mendatangi konter dan menghemat waktu serta biaya perjalanan. Apabila hujan, Anda tidak akan kehujanan meskipun ingin membeli pulsa karena cukup duduk di rumah saja pulsa Anda dapat terisi. Semua provider tersedia dalam toko online sehingga tidak khawatir akan ketersediaan pulsa pada provider tertentu. Sayangnya meski menawarkan beberapa kemudahan, cara pembelian pulsa online juga memiliki beberapa kekurangan. Karena tidak bisa bertatap muka dengan penjual, jadi Anda tidak bisa mengajukan komplain apabila memiliki keluhan. Proses pembayarannya pun tidak bisa secara kontan, jadi cara ini hanya cocok bagi orang yang memiliki internet banking. Kalau tidak memiliki internet banking, maka hanya akan sama dengan pembelian pulsa secara offline karena harus pergi ke ATM atau bank untuk membayar pulsa. Pembelian pulsa secara online juga harus dilakukan saat perangkat terhubung dengan koneksi internet.

Meskipun memiliki kelemahan dan kelebihan pembelian pulsa dengan cara online maupun offline tetap dilakukan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka. Bila Anda ingin beli pulsa secara online maupun offline Anda harus tetap waspada dan hati-hati. Terkadang dalam pembelian pulsa terjadi kesalahan nomor yang akan diisi sehingga pulsa tidak masuk ke nomor yang dimaksud. Pulsa dapat masuk ke nomor lain yang tidak dikenal. Kejadian tersebut mungkin tidak jadi masalah saat nominalnya sedikit. Akan tetapi bila membeli pulsa dengan nominal yang besar hal tersebut akan sangat merugikan karena pulsa yang dibeli tidak dapat diminta kembali. Jadi sebaiknya lebih teliti dalam membeli pulsa terutama dalam memberikan nomor kepada penjual.

Advertisements
  1. author

    Blog Sabda4 months ago

    Saya lupa kapan terakhir kali beli pulsa offline, haha, sekarang langsung lewat gadget saja

    Reply

Leave a reply "Ulasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Beli Pulsa Secara Online Maupun Offline"