Ini Alasan Mengapa Cuci Tangan Pakai Sabun Itu Perlu

No comment 514 views

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi resiko terkena diare (khususnya pada anak-anak). Bukan tanpa alasan, diare termasuk salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Tercatat lebih dari 100ribu anak dibawah usia 5 tahun telah meninggal karena diare. Hal ini bisa dipicu lantaran perilaku masyarakat yang cenderung kurang baik serta tidak peduli akan kebersihan lingkungannya.

Cuci Tangan Pakai Sabun

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2007 yang silam, ada 14% balita di Seluruh Indonesia yang mengalami masalah diare. Ini tentu sangat mengkhawatir sekali, sehingga Pemerintah bersama Swasta turut menggalakkan kampanye cuci tangan pakai sabun demi melawan kuman penyebab diare ini.

Lantas mengapa mencuci tangan dengan sabun itu sangat penting? 

Sebenarnya, mencuci tangan dengan air setelah melakukan kegiatan umum sudah cukup baik untuk menjaga kebersihan. Namun ternyata mencuci tangan pakai air saja belum tuntas untuk menghilangkan kuman yang menempel pada area telapak tangan. Menurut penelitian medis, sabun dengan kandungan anti-bacteri dipercaya dapat membunuh kuman lebih baik dan cepat. Selain itu, sabun juga merupakan anti kuman yang paling murah dan mudah untuk didapatkan. Sehingga penggunaannya tidak terbatas pada satu golongan saja.

Nah, yang perlu dicamkan adalah, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal tersebut penting, karena sabun tersusun atas rantai karbon hidrofobik. Senyawa ini dapat mengikat kuman yang ada pada kulit/tangan. Kuman yang terbawa bersama sabun (busa) harus dibilas dengan air mengalir, sehingga kuman tidak kembali lagi ke kulit dan tangan terbebas dari kuman penyebab diare.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mencuci tangan yang baik:

  1. Sebelum di sabun, basahi terlebih dulu kedua telak tangan hingga ke pergelangan tangan. Kemudian ambil sabun yang formulanya terkandung anti-bacteri, lalu usap ke tangan hingga ke sela-sela jari secara lembut dan merata. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kuku dengan menggunakan tangan ataupun bantuan alat sikat.
  2. Jangan lupa untuk menggosok bagian punggung tangan hingga batas pergelangan tangan. Jika memang diperlukan, gosok sabun hingga ke bagian bawah siku. Ini diperlukan mengingat pada bagian lengan sering digunakan untuk mengusap keringat yang bercampur dengan kuman. Jadi bagian ini juga perlu untuk dibersihkan.
  3. Selanjutnya tinggal bilas dengan air bersih serta mengalir. Dan keringkan dengan menggunakan handuk yang ditepuk-tepukkan secara perlahan air tidak menimbulkan iritasi kulit.

Itulah hal-hal yang terkait dengan mencuci tangan pakai sabun yang perlu ketahui. Jadi apapun jenis sabun yang digunakan untuk mencuci tangan, entah itu jenis batang atau cair yang terpenting sabun yang digunakan harus mengandung anti-bacteri, sehingga dapat membasmi kuman penyebab diare dengan lebih baik.

Leave a reply "Ini Alasan Mengapa Cuci Tangan Pakai Sabun Itu Perlu"