Mengenal Perkembangan Kognitif Anak di Usia Sekolah

No comment 202 views

Mengetahui perkembangan kognitif anak terutama saat anak berada di usia sekolah memang mutlak diperlukan bagi orang tua ataupun guru. Sebab, dengan mengetahui hal ini sejak awal, orang tua ataupun guru dapat memonitor sudah sejauh apa kemampuan si anak dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan teman sebaya maupun hal-hal lain terkait dengan kemampuan sensoriknya. Sehingga dapat dilakukan langkah-langkah yang tepat ketika guru memberikan pelajaran kepada anak didiknya.

Perkembangan Kognitif Anak

 

Pada dasarnya kemampuan kognitif setiap anak itu berbeda-beda. Ada anak yang memiliki daya nalar yang cepat, namun ada pula yang lambat. Bahkan ada pula, anak yang unggul pada satu bidang tertentu, sementara bidang yang lainnya sangat sulit diterima. Dan itu semua dapat dikenali dan dilatih sedemikian rupa tentu dengan cara yang berbeda-beda. Lebih lanjut, baca selengkapnya disini.

Apa Saja Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak?

Sebenarnya ada banyak aspek yang menjadi penilaian kognitif anak. Aspek-aspek tersebut menyangkut hal-hal primer seperti:

  • Verval Ability; yakni kemampuan si anak dalam berbahasa.
  • Memory Ability; yakni kemampuan otak anak dalam mengingat pelajaran atau hal-hal yang ia sukai.
  • Reasoning Ability; yakni kemampuan nalar atau berfikir secara logis.
  • Spatial Factor Ability;  yakni kemampuan tilikan ruang atau mampu membedakan mana yang benar dengan yang salah.
  • Numerical Ability; yakni kemampuannya dalam bilangan (berhitung).
  • Word Fluency Ability; yakni kemampuan yang terkait dengan penggunaan kata-kata saat berkomunikasi.
  • Perceptual Speed Ability; yakni kemampuan anak dalam mengamati pelajaran secara cepat dan cermat.

Di usia sekolah, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar, anak-anak biasanya akan mengalami perubahan besar dalam kognitifnya. Setidaknya ada 3 tahapan yang akan dilalui anak terkait dengan perkembangan kognitifnya, dimana setiap tahap usia memiliki ciri-ciri yang berbeda. Berikut ciri-ciri kognitif anak pada usia sekolah:

Tahap 1. Usia 5-6 tahun

Pada tahap usia ini, anak sudah memiliki kosakata sedikitnya 2.000 kata. Ia juga sudah mampu menuliskan kalimat yang terdiri dari 5 atau lebih suku kata. Selain itu, anak juga sudah bisa berhitung sampai dengan 10 benda yang berbeda, dan membedakan arah kiri dan kanan. Saat bermain dengan teman, ia juga sudah bisa berpikir dan berdebat ataupun mengutarakan pendapatnya sendiri. Pada usia ini pula, anak sudah mulai mendengarkan perintah guru untuk duduk di bangku dan mejanya sendiri.

Tahap 2. Usia 7-8 tahun

Semakin bertambah usianya, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas pekerjaan rumah yang diberikan. Ia juga sudah mulai paham akan konsep ruang dan pecahan. Anda juga akan merasa bahagia tat kala ia sudah bisa membaca buku sendiri.

Tahap 3. Usia 8-12 tahun

Di tahap ketiga ini, biasanya setiap anak akan melalui proses remaja awal yang mampu mengambil, memahami dan mempertimbangkan persoalan di sekolah ataupun saat ia bermain. Dan kebanyakan anak sudah paham tentang penggunaan uang. Selain itu, ia juga sudah mampu mendeskripsikan (mengarang) cerita ke dalam tulisan. Serta sudah memiliki minat tertentu yang kelak akan menjadi motivasi mengembangkan bakatnya dikemudian hari.

Leave a reply "Mengenal Perkembangan Kognitif Anak di Usia Sekolah"