Tips Cerdas dan Teliti Ketika Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Alasan utama mengapa banyak orang yang lebih memilih mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru adalah karena harganya yang lebih murah. Akan tetapi sebagian dari mereka kecewa karena kualitas mobil yang didapatkannya ternyata tidak sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Agar memperoleh mobil bekas dengan kualitas yang baik banyak cara dapat dilakukan. Meski agak sulit mengidentifikasi mobil bekas yang berkualitas, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips berikut ini:

Tips Membeli Mobil Bekas

 

  1. Pilih tempat terpercaya. Salah satu hal utama yang menjadi pertimbangan membeli mobil bekas yang berkualitas adalah tempat penjualan mobil tersebut. Memang banyak toko baik online maupun konvensional yang bisa menjadi pilihan. Akan tetapi tidak semua toko tersebut terpercaya sehingga Anda harus benar-benar mempertimbangkan tempat terbaik yang bisa Anda percayai.
  2. Jangan tergoda dengan harga yang murah. Harga murah memang menjadi daya tarik utama dalam pembelian mobil bekas. Banyak orang mungkin yang tergiur dengan tawaran harga yang miring sehingga tidak berpikir panjang dan langsung membelinya. Akan tetapi langkah tersebut merupakan langkah buru-buru yang sangat merugikan. Bila tidak diteliti lebih lanjut, mobil bekas yang dibeli hanya akan mengecewakan.
  3. Jangan tergoda dengan tampilannya. Banyak trik yang dilakukan penjual agar barang dagangannya laku. Salah satunya adalah membuat tampilannya agar menarik. Mobil bekas yang memiliki cacat bisa dimodifikasi dengan sedemikian rupa hingga terlihat seperti baru. Oleh karenanya bila Anda menemukan mobil bekas dengan tampilan yang menarik perhatian Anda, lakukan pengecekan lebih dalam agar tidak tertipu.
  4. Cek bodi mobil. Langkah lebih lanjut dalam membeli mobil adalah mengecek keadaan bodi mobil pada setiap komponennya. Apakah ada bagian yang pernah diganti atau tidak. Anda dapat membandingkannya dengan kondisi mobil ketika masih baru melalui internet sehingga pengecekan lebih mudah Anda lakukan.
  5. Cek mesin. Untuk cara satu ini memang membutuhkan kemampuan khusus. Bila Anda kurang tau mengenai mesin mobil, sebaiknya Anda ajak orang lain yang lebih mengerti mengenai mesin mobil sehingga dapat mengeceknya untuk Anda.
  6. Cek dokumen. Salah satu hal terpenting dalam membeli mobil bekas adalah kelengkapan dokumen yang dimiliki mobil tersebut. Periksa kelengkapan surat pada mobil sebelum Anda melakukan transaksi karena banyak surat yang dipalsukan oleh oknum tertentu. Jadi Anda harus lebih jeli dan berhati-hati dalam membeli mobil bekas.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut Anda dapat terhindar dari penipuan yang bermodus pada penjualan mobil bekas. Pemilihannya memang agak ribet dan butuh ketelitian yang tinggi. Akan tetapi Anda dijamin lebih puas dengan menerapkan tips-tips tersebut karena memperoleh mobil bekas yang berkualitas. Meski lebih murah dibandingkan mobil baru, jumlah uangnya tetap saja besar jadi harus tetap waspada sehingga uang tersebut tidak akan sia-sia.

Advertisements

Leave a reply "Tips Cerdas dan Teliti Ketika Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu"