Keuntungan Menggunakan Composting Toilet, Teknologi Toilet Kering Terbaru

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian dari composting toilet. Composting toilet merupakan sebuah energi terbarukan yang mengubah hasil buangan air sehari-hari menjadi kompos yang banyak manfaatnya. Selain banyak manfaatnya, penggunaan composting toilet juga dapat menghemat penggunaan air sehingga dapat menjaga keseimbangan alam. Lalu, apa saja kelebihan dari penggunaan composting toilet? Artikel berikut akan mengulas apa saja manfaat dari composting toilet.

toilet kering terbaru

Keuntungan yang didapat dari penggunaan composting toilet yaitu hasil akhir dari pengomposan yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk atau kondisioner tanah maupun tanaman. Selain itu penggunaan toilet kering terbaru seperti composting toilet juga dapat mengurangi penggunaan air bersih. Dengan menggunakan sistem ini Anda dapat menerima limbah yang berasal dari dapur, serta dapat mengurangi jumlah limbah yang akan dibuang ke lingkungan. Sehingga, Anda dapat menerapkan gaya hidup yang menjaga kelestarian alam dengan mengurangi limbah.

Selain tinja yang dapat dimanfaatkan sebagai kompos, urine juga dapat dimanfaatkan oleh Anda sebagai pupuk cair. Urine yang ditampung selama 14 hari di dalam wadah tertutup dipindahkan ke bak penampungan urine yang kemudian ditambahkan EM-4 serta glukosa. Kemudian, setiap 3-4 hari lakukan proses pengadukan. Proses fermentasi pupuk cair dapat dilakukan selama 14 hari. Setelah 14 hari, pupuk cair dapat dipanen. Baik kompos dan pupuk cair yang sudah dipanen dapat dijual untuk menambah pendapatan Anda. Sehingga dengan menggunakan teknologi yang sederhana seperti composting toilet, maka Anda dapat menciptakan suatu lingkungan yang bersih, higienis, serta sistem sanitasi lingkungan yang baik dan tak lupa keuntungan dari pupuk kompos maupun pupuk cair yang bisa Anda pasarkan.

Itu tadi seputar keuntungan dari penggunaan composting toilet. Karena merupakan teknologi toilet kering terbaru di American standard sehingga composting toilet belum umum digunakan di Indonesia. Akan tetapi, composting toilet telah banyak digunakan di luar negeri. Selain karena penggunaannya yang praktis, composting toilet juga dapat menjaga lingkungan dan higienis. Oleh karena itu, mari mulai gaya hidup sehat serta menjaga lingkungan sekitar dari diri Anda sendiri.

Advertisements

Leave a reply "Keuntungan Menggunakan Composting Toilet, Teknologi Toilet Kering Terbaru"