Menelusuri Gurun Pasir ala Pulau Bintan

No comment 103 views

Apa yang ada difikiran Kamu jika ditanya tentang Gurun Pasir? Pasti jawabannya adalah Negara Arab, panas atau gersang kan! Nah, bagaimana jika Kamu di ajak untuk liburan ke Gurun Pasir, mau atau tidak sih?

Gurun Pasir Bintan
Images: mehsarra

Bagi Kamu yang tertarik untuk merasakan panasnya gurun pasir, sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh sampai ke Arab sana. Di Indonesia juga sudah ada kok gurun pasir yang cukup luas dan panas. Apalagi sekarang ini trend liburan ke gurun pasir sudah menjadi hits di sosial, nama tempatnya Gurun Pasir Pulau Bintan atau biasa disebut juga dengan nama Bukit Pasir Busung.

Terletak di Desa Busung, Pulau Bintan, Kepulauan Riau, gurun pasir Bintan ini memang sudah sangat terkenal sekali keindahannya. Meskipun sepanjang mata memandang hanya lautan pasir yang berwarna putih kekuningan yang terlihat, namun gundukan-gundukan pasir yang terbentuk secara alami ini membentuk kontur permukaan pasir yang ciamik banget. Selain itu karena proses pengerukan Bauksit yang sudah cukup lama berlangsung, terbentuklah danau yang airnya berwarna biru dan cukup luas. Ini menambah keeksotisan dari gurun pasir Bintan yang tidak ada duanya di dunia.

Mengetahui tempat yang keren ini lewat sosial media, banyak netizen yang datang jauh-jauh ke tempat ini bukan sekedar untuk merasakan panasnya gurun saja. Melainkan untuk mengabadikan lewat foto-foto yang unik dan cakep. Kamu juga bisa membuat foto yang instagramable dengan latar bukit pasir yang indah itu. Atau Kamu bisa bergaya dengan menaiki perahu yang sudah tersedia di danau. Dijamin foto Kamu bakal kece banget deh!

Gurun Pasir Bintan
Images: @betasri

Oia.. bicara soal gurun pasir pulau bintan, mungkin diantara Kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa sih bisa sampai ada gurun pasir di tempat ini. Apakah ada perusahaan yang rela mengimport pasir gurun dari Arab dan meletakkannya di pulau yang sepi penduduk ini? Eittss.. tentu saja tidak, Bukit Pasir Busung di Pulau Bintan ini terbentuk dari sisa-sisa penambangan Bauksit. Konon kata masyarakat setempat, dahulu di Desa Busung ini ada berdiri perusahaan penambangan Bauksit yang sangat sukses. Namun baru-baru ini saja, pemerintah bersama rakyat melarang keras seluruh aktifitas penambangan bauksit yang berdampak negatif terhadap kelestarian alam sekitarnya. Dan pada akhirnya pihak perusahaan pun diharuskan pergi dan tinggallah sisa-sisa tambang berupa pasir (kerikil halus) yang membentuk gurun pasir yang sangat luas seperti sekarang ini.

Gurun Pasir Bintan

Gimana, tertarik untuk menelusuri keindahan Gurun Pasir ala Pulau Bintan ini? Ada sedikit tips buat Kamu yang ingin datang ketempat ini. Antara lain;

1. Untuk sampai ke lokasi gurun pasir busung Bintan ini, Kamu harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 40-60 menit dari kota Tanjungpinang ke desa Busung. Karena akses jalannya yang sulit dan tidak ada transportasi umum yang menuju kesana, maka Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi (jasa rental mobil ke gurun pasir busung bintan) agar perjalanan Kamu lancar sampai ketujuan.

2. Karena cuaca yang umumnya sangat panas di lokasi gurun, sebaiknya Kamu datang sebelum jam 11 siang atau setelah jam 4 sore. Untuk menghindari terik matahari yang sangat menyengat dan juga hamparan pasir yang panas.

3. Bawa perbekalan secukupnya, sebab ditempat ini tidak tersedia warung-warung yang menjual makanan. Dan bila perlu, tenda atau alas terpal juga diperlukan bila Kamu ingin beristirahat sejenak.

Advertisements

Leave a reply "Menelusuri Gurun Pasir ala Pulau Bintan"