Drone DJI High Techology untuk Para Campers

No comment 100 views

Drone DJI High Techology

Drone DJI dalam bahasa sehari-hari para campers disebut dengan nama “DJI Phantom”. Kehadiran gadget yang satu ini perlu diapresiasi oleh para pekerja media yang pastinya bermanfaat sekali untuk menunjang kegiatannya sehari-hari. Hampir setiap owner media menyarankan dan juga memberikan training khusus kepada para campers-nya untuk mengenal dan juga mengetahui cara memakai DJI Drone. Kenapa DJI phantom ini hadir di tengah-tengah kita saat ini? Sebelum  menjawab itu mari kita kulik sedikit permasalahan yang muncul saat menggunakan kamera biasa.

Para campers pastinya tahu ‘kan kalau kinerja kamera itu memiliki sudut pandang yang terbatas. Akibatnya hasil rekaman menjadi tidak holistic. Ini akan memantik ketidakpuasan viewers yang tidak bisa menikmati hasil kerja media secara menyeluruh. Darsitulah, perusahaan teknologi di US berinisiatif untuk memproduksi DJI Drone yang hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Peralatan teknologi yang canggih mampu terbang sekaligus bermanuver hingga 180 derajat.

Apa itu Drone DJI?

Drone DJI dirilis dengan nama DJI phantom. Namun para campers sejati lebih memilih menyebutnya DJI Drone. Ini adalah hasil dari perkembangan teknologi yang merupakan alat untuk membawa/ menggotong/ menjinjing kamera secara otomatis dengan baling-baling yang dimilikinya. Untuk jenis peliputan yang standar, drone yang biasa dipakai adalah drone yang memiliki empat baling-baling saja atau biasa disebut dengan quad-copter. Sedangkan untuk menjinjing kamera sekelas DSLR 5D, drone yang disarankan untuk dipakai adalah yang berbaling-baling delapan dengan kisaran harganya yang fantastis. Sekilas jika kita perhatikan, Phantom ini memiliki tampilan yang lucu dan seperti mainan anak-anak. Akan tetapi jika kita lihat lebih teliti, terdapat kamera yang menggantung di bagian bawahnya. Dahulu, drone hadir secara terpisah dengan kameranya. Namun saat ini Anda bisa mendapatkan drone satu set dengan kamera yang pastinya akan membuat kinerja para campers jauh lebih praktis.

Cara Kerja DJI Drone

Satu set DJI Phantom yang kita beli dilengkapi dengan monitor untuk mengamati pergerakan kamera. Drone yang dilengkapi dengan monitor adalah drone versi satu. Cara kerjanya adalah kita bisa mengamati perjalanan dari drone ini secara jeli dari monitor yang ada di remote drone. Sedangkan untuk phantom versi 2 hadir tanpa monitor. Wow, lalu gimana cara ngecek rutenya? Kita bisa unduh aplikasi di apple atau storeandroid khusus untuk drone monitor. Setelah aplikasi terinstal berarti hp Anda telah siap untuk menjadi monitor perjalanan drone. Memang sih, di negara asalnya US drone dipatok dengan harga yang cukup terjangkau. Namun setelah sampai di Indonesia, drone berkali lipat lebih mahal dan ketika memakainya pun harus sangat berhati-hati. Bahaya sekali ‘kan jika drone jatuh ke lantai karena loss control dan kita tidak mahir ngotak-ngatiknya? Yuk, kita pelajari terlebih dahulu cara pakai drone agar alat yang kita beli dengan harga puluhan jeti tersebut tahan lama.

Jarak Tempuh

Drone hadir dilengkapi dengan GPS. Apa perlunya? Pentingnya adalah saat drone mengalami low bat ataupun saat kita kehilangan jejak, maka drone akan kembali ke posisi awal penerbangan secara otomatis. Nah, enak sekali bukan?  Kita tinggal duduk manis dan drone siap take a picture secara otomatis di seluruh ruangan. Saat baterai habis atau kita lost contact pun, drone akan datang kembali pada kita. Meskipun peralatan ini tergolong gadget yang canggih, akan tetapi di daerah perkotaan daya jangkau drone cukup rendah. Drone hanya mampu terbang setinggi 500 meter saja oleh karena keberadaan gedung dan juga pepohonan yang rimbun. Beda lagi ketika kita berada di daerah terpencil yang tidak bermasalah dengan ketinggian gedung maka drone bisa terbang mencapai 1 km tingginya.

Dengan ketinggian maksimal pastinya drone bisa meng-capture gambar yang lebih banyak lagi.

Lama waktu terbang

Faktor inilah yang paling “Oh No” dari drone jika kita bandingkan dengan harganya yang berpuluh juta itu. Drone si canggih yang membantu meng-capture picture secara keseluruhan dengan tukikan manuvernya yang luar biasa ini hanya mampu bertahan selama 15 menit saja, ya 15 menit saja!. Untuk itu, please jangan coba-coba meninggalkan drone jalan-jalan sendirian selama lebih dari 10 menit lamanya. Bahaya! Jika tidak Anda akan tanggung sendiri akibat drone terjungkal dan rentan rusak. Hehe. Oleh sebab itu, sebelum lampu indicator drone habis, Anda bisa stand by dan mengontrol remote agar drone kembali ke posisi semula dengan selamat. Selain itu, Anda sebagai campers sejati dituntut untuk mahir dalam mengoperasikan drone. Bagaimana caranya agar hanya dalam waktu 15 menit saja Anda bisa meng-capture keseluruhan picture sehingga Anda tidak perlu mengulangi proses capturing yang kedua kalinya.

Daya tahan baterai

Baterai drone DJI perlu waktu charging selama lebih kurang 2 atau 3 jam untuk bertahan hanya dalam waktu 15 menit lamanya. Kebayang nggak gimana broken heartnya ketika kita dapat job  untuk liputan menggunakan drone yang hanya bisa bertahan 15 menit lamanya. Nah, biar nggak sakit hati banget, kita bisa siapkan dua sampai tiga baterai yang sudah di charge penuh. Saat drone habis kita bisa langsung ganti baterai dan siap liput lagi. Baiklah, catatan untuk baterainya, siapkan lebih dari satu baterai untuk kepentingan peliputan dengan durasi yang lama. Jika tidak, kita akan loss momen atau kerja yang kedua kalinya.

Harga

Harga drone dji yang ajaib ini di Indonesia menembus angka puluhan juta rupiah. drone versi pertama yang saat ini sudah “kosong pabrik” di bandrol dengan harga 5 sampai 7 juta rupiah tanpa kamera. Beli satu set dengan tambahan kamera berarti kurang lebih 8 sampai 10 juta rupiah. Sedangkan untuk versi kedua yang saat ini eksis, DJI drone dipatok dengan harga beli senilai 15 sampai 16 juta rupiah. Ya, mainan yang secara tampilan hampir sama dengan mainan baling-baling si kecil ini bisa kita dapatkan dengan harga itu. Eits, ini baru versi standarnya saja ya. Jika ingin versi yang lebih seperti drone dengan 8 baling-baling yang mapu menjinjing kamera 5D dijual dengan harga mencapai 100 juta rupiah. Jika ingin terbang lebih lama, kita bisa tambah koleksi baterai dimana masing-masing baterai bisa terbeli dengan harga 2 hingga 3 juta rupiah.

Drone DJI yang saat ini bisa kita dapatkan di penyedia barang elektronik adalah phantom keluaran versi kedua. Phantom terdahulu sudah tidak lagi eksis. Dengan dJI drone, proses peliputan akan semakin cepat dan holistic. Kita pun cukup memintor kinerja drone dari kejauhan yang berarti akan menghemat energy kita selama proses pengambilan gambar. Di USA, gadget ini biasa dipakai oleh anak muda untuk selfie atau grofie bersama teman-teman. Maklum saja DJI drone di US dibandrol dengan harga murah. Beda dengan di Indonesia yang harganya menembus ratusan juta rupiah.

 

Advertisements

Leave a reply "Drone DJI High Techology untuk Para Campers"