Ini Dia 5 Hal Yang Buat Anda Gagal Mendapat Beasiswa Dalam Negeri

Siapa yang tidak ingin mendapat beasiswa dalam negeri? Beasiswa memang menjadi impian bagi banyak orang. Namun, mendapat beasiswa tidak semudah menjetikkan jari. Tidak semua orang bisa menerima beasiswa. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan serangkaian tes yang harus dijalani untuk lolos sebagai penerima beasiswa.

Beasiswa Dalam Negeri

Kebanyakan orang gagal mendapatkan beasiswa dalam negeri karna kurangnya persiapan dan terlalu meremehkan. Namun, tak hanya masalah itu saja. Ada beberapa hal yang selalu menjadi alasan banyak orang gagal menerima beasiswa. Berikut kesalahan – kesalahan yang membuat Anda gagal menerima Beasiswa :

  1. Ketidaksiapan Menghadapi Wawancara

Wawancara selalu menjadi tolok ukur utama apakah seseorang itu pantas mendapat beasiswa atau tidak. Sehingga, Anda wajib mempersiapkan diri. Hal ini termasuk mencari informasi sebanyak – banyaknya terkait institusi pemberi beasiswa dalam negeri, serta menyiapkan jawaban untuk berbagai case yang mungkin ditanyakan.

Kebanyakan orang gagal di wawancara karna memberikan jawaban yang terlalu muluk. Ketika ditanya, “kontribusi apa yang akan Anda berikan untuk indonesia”. Jawablah dengan realistis. Tidak perlu terlalu muluk seperti “Saya akan mengubah Indonesia” atau “Saya ingin memberantas korupsi”. Jawaban yang terlalu muluk justru hanya akan membuat Anda terlihat tidak realistis.

  1. Motivation Letter yang Kurang Menjual

Selain wawancara, Motivation letter juga tak kalah penting. Motivation letter akan menggambarkan seperti apa Anda. Dalam hal ini termasuk seberapa aktif Anda mengikuti organisasi atau kegiatan, seberapa banyak prestasi yang anda cetak, atau lainya.

Kesalahan yang sering terjadi adalah kurang bagusnya motivation letter yang dibuat. Biasanya motivation letter ini kurang menjual, dan terlalu bertele – tele. Kesalahan yang paling fatal adalah mengada – ada tulisan, karena hal ini dapat menjadi boomerang bagi Anda sendiri. Tulislah Motivation letter dengan singkat namun mencakup semua aspek agar Anda lolos seleksi beasiswa.

  1. Mengabaikan Persiapan Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing tidak penting? Jangan salah, kemampuan berbahasa juga sangat dipertimbangkan ketika Anda mendaftar beasiswa. Beberapa institusi yang memberi beasiswa sering kali menaruh hal ini dalam persyaratan, misalnya nilai TOEFL minimal 600 atau semacamnya. Sehingga jika Anda mengabaikan belajar bahasa asing, siap – siaplah gagal menerima Beasiswa.

  1. Terlalu Fokus dengan Prestasi Akademik

Prestasi Akademik memang bagus, namun tidak hanya kemampuan akademik saja yang jadi bahan pertimbangan. Keativan Anda dalam berorganisasi dan keikutsertaan Anda dalam kegiatan menjadi bahan pertimbangan bagi institusi yang memberikan beasiswa. Sehingga pastikan Anda tidak hanya aktiv di prestasi akademik saja, Namun juga non akademik.

  1. Tidak Mau Mencoba Lagi

Memang mendapat beasiswa dalam negeri tidak semudah kelihatannya. Apabila Anda gagal, maka coba lagi. Kebanyakan orang yang gagal menerima beasiswa, ia tidak mau mencoba lagi atau trauma. Hal ini harus dihindari karna siapa tahu mungkin rezeki anda adalah dikesempatan kedua.

Advertisements

Leave a reply "Ini Dia 5 Hal Yang Buat Anda Gagal Mendapat Beasiswa Dalam Negeri"