Trik Praktis Meminimalkan Risiko Cidera Saat Olahraga Bersepeda

Harga Sepeda Gunung

Banyak olahraga praktis yang menyenangkan bila kita tekuni secara konsisten. Tubuh jadi senantiasa bugar dan fit dengan jenis olahraga yang tepat. Salah satunya adalah olahraga bersepeda. Kita bebas menjelajahi alam jika sudah memiliki sepeda andalan.

Naik sepeda tak boleh dilakukan secara sembarangan. Agar tubuh kita tak mengalami cidera usai bersepeda. Sebaiknya kita sudah memahami trik-trik praktis ini untuk meminimalkan risiko cidera saat bersepeda:

Memilih Jenis Sepeda yang Tepat

Beda sepeda, beda pula fungsinya. Bila kita gemar menjelajahi alam bebas dengan kondisi jalanan menantang, alangkah lebih baik bila kita memilih sepeda gunung. Harga sepeda gunung kini semakin variatif dan tidak terlalu menguras isi kantong. Fitur-fitur sepeda gunung berkualitas akan membuat kita nyaman mengendarainya dalam waktu lama. Risiko cidera akibat posisi tubuh yang keliru pun dapat diminimalkan.

Mengatur Posisi Stang

Stang sepeda juga harus diatur dengan benar supaya kita nyaman mengendarai sepeda. Bentuk stang yang sedikit melengkung akan meminimalkan guncangan saat menaiki sepeda. Selain itu, kita juga wajib memilih stang dengan konsep multigrip yang handle-nya cukup lembut dan nyaman digenggam. Bersepeda dalam waktu lama tak akan membuat kita mudah lelah dan tak mengurangi kekuatan pegangan kita pada stang.

Melakukan Pemanasan Sebelum Bersepeda

Pemanasan sebelum bersepeda memang sangat penting. Karena otot-otot dan sendi tubuh harus berada dalam keadaan rileks. Lakukan pemanasan dari kepala hingga ujung kaki. Kita juga bisa berlari sprint sebentar supaya tubuh lebih siap bersepeda. Setelah otot-otot tubuh terasa lentur, maka kita pun siap untuk mulai bersepeda. Risiko kram dan cidera lainnya akan menjauh dari tubuh kita.

Menyantap Makanan yang Tepat Juga Penting

Tubuh butuh energi yang cukup bila kita ingin berolahraga. Terutama olahraga bersepeda yang cukup menguras energi dan fokus. Oleh sebab itu, kita wajib menyantap makanan bergizi sesaat sebelum bersepeda. Jangan makan terlalu kenyang agar tak mengalami kram perut atau gangguan kesehatan lainnya. Menyantap makanan kaya energi berupa pisang, energy bar, atau oatmeal dengan porsi kecil akan membuat tubuh kita lebih bertenaga dan tidak kekenyangan. Kita pun akan lebih bersemangat memulai olahraga bersepeda dengan tubuh yang penuh energi.

Tubuh Harus Selalu Terhidrasi

Kita harus memastikan bahwa tubuh selalu terhidrasi dengan baik ketika berolahraga. Supaya risiko gangguan kesehatan dan cidera bisa diminimalkan. Otak, otot, dan organ-organ tubuh lainnya membutuhkan air agar sistem metabolisme tubuh berlangsung lancar. Mulailah dengan minum air secukupnya sebelum bersepeda. Ketika bersepeda dan setelah selesai, kita juga harus mendapatkan asupan air minum yang cukup. Sehingga kita tak mengalami dehidrasi meskipun bersepeda dalam waktu lama.

Jadi, mau bersepeda ke mana di akhir pekan ini?

Yuk rencanakan rute baru dengan mengunjungi tempat-tempat menarik yang belum pernah kita datangi. Bersiaplah untuk lebih bugar dan bersemangat ketika mulai bersepeda secara konsisten.

Advertisements

Leave a reply "Trik Praktis Meminimalkan Risiko Cidera Saat Olahraga Bersepeda"