Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Agar Terlihat Lapang

Dapur Bersih Minimalis

Hampir kebanyakan rumah modern sekarang ini memiliki 2 dapur dalam 2 ruangan yang berbeda, yakni dapur kotor dan dapur bersih (pantry). Walaupun sama-sama dapur, namun secara fungsi ternyata dapur kotor dan dapur bersih itu berbeda. Dapur kotor biasanya digunakan untuk tempat mengolah makanan yang berat-berat. Sedangkan dapur bersih (pantry) hanya digunakan sebagai tempat untuk menghidangkan makanan, memotong buah atau sekedar memanaskan makanan cepat saji. Sehingga wajar saja, di dapur bersih ini harus selalu terlihat lebih bersih untuk menciptakan suasana yang nyaman saat akan menikmati makanan.

Nah bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan dapur bersih di dalamnya, mungkin pernah mengalami dimana dapur bersih Anda terasa sangat sempit dan sesak. Hal ini tentu saja dapat terjadi ketika penataan yang dilakukan kurang tepat. Untuk mensiasati dapur bersih minimalis agar terlihat lapang, berikut beberapa tips yang perlu Anda coba:

1. Jangan Gantung Peralatan Dapur pada Dinding-dinding Dapur Bersih

Kebanyakan orang sangat suka menggantung peralatan dapur di dinding-dinding dapur bersih. Mungkin tujuannya agar lebih praktis dan efisien saat membutuhkan peralatan untuk memasak. Padahal hal tersebut tidak benar, peralatan-peralatan dapur seperti itu sebaiknya tidak diletakkan di area dapur bersih, apalagi jika ditempatkan dengan cara di gantung pada dinding-dinding. Maka yang terjadi justru dapur bersih akan terlihat semak dan juga sempit serta kehilangan keindahannya.

2. Kitchen set dibagian Atas dan Bawah Dapur

Membuat kitchen set pada bagian atas dapur maupun bagian bawahnya akan menghemat space ruangan, ketimbang Anda meletakkan lemari makan di area dapur bersih. Dalam kitchen set, Anda dapat meletakkan peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, dan sebagainya. Kitchen set juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan bahan makanan cepat saji yang tidak mudah busuk/expired.

3. Warna Cat Dinding dan Pencahayaan

Warna cat dinding untuk dapur bersih sebaiknya menggunakan warna-warna lembut atau netral seperti putih, kuning gading, ungu muda, dan biru muda. Warna-warna seperti ini akan memberikan kesan dapur yang luas dan bersih. Apalagi jika ditambahkan dengan pencahayaan yang cukup, akan membuat ruangan menjadi semakin cerah.

4. Meja, Kursi dan Rak

Barang-barang yang ada di dalam ruang dapur bersih sebaiknya tidak perlu banyak-banyak. Cukup meja, kursi dan rak saja yang perlu ditempatkan dalam ruang tersebut. Dan lebih baik lagi jika peralatan-peralatan seperti meja, kursi dan rak terbuat dari bahan kayu. Untuk menampilkan kesan yang alami dan untuk estetika yang lebih baik.

Advertisements

Leave a reply "Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Agar Terlihat Lapang"