Mengenal Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Penanganannya

Gejala Tipes Pada Anak

 

Demam tifoid atau yang biasa disebut dengan tipes, merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri Samonella Typhi. Bakteri ini umumnya ditemukan pada makanan yang kita makan sehari-hari. Terlebih ketika makanan tersebut tidak diproses secara baik, sehingga bakteri yang ada pada makanan, berpindah ke tubuh kita dan menimbulkan demam.

Pada anak-anak, gejala tipes bisa datang secara tiba-tiba. Biasanya demam akan terjadi dalam kurun waktu yang lama hingga beberapa minggu. Jika penanganan tipes berlangsung lambat, maka kondisi tubuh akan semakin buruk. Hal ini dapat ditandai dengan munculnya ruam berbintik merah pada bagian dada, hingga berat badan menurun dan perut menjadi kembung.

Gejala tipes pada anak-anak dan orang dewasa umumnya sama, namun jika tipes terjadi pada anak-anak sebaiknya Anda (orang tua) harus tanggap dalam memberikan penanganan. Berikut gejala-gejala yang tampak pada penderita tipes:

  • Demam yang sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius;
  • Munculnya rasa sakit pada bagian perut dan dibarengi dengan Diare (mencret);
  • Tubuh terasa lemah, lelah dan disertai dengan pegal-pegal;
  • Sakit kepala, nyeri tenggorokan dan susah buang air besar;
  • Penurunan nafsu makan
  • Jika tipes semakin parah, dapat ditandai dengan terjadinya pembesaran hati dan limfa serta munculnya lapisan di lidah.

Nah, jika gejala-gejala diatas mulai tampak pada anak Anda. Ada baiknya orang tua segera melakukan penanganan awal di rumah. Upaya yang bisa dilakukan sebagai penanganan awal untuk penderita tipes antara lain adalah:

1. Banyak Mengonsumsi Cairan

Diare yang muncul pada saat tipes, akan menyebakan anak kehilangan banyak cairan (dehidrasi). Untuk mencegah dehidrasi yang berlebihan, maka si anak perlu diberikan air putih paling tidak 1 gelas setiap 1 jam-nya. Selain itu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, termasuk air kelapa juga sangat diperlukan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

2. Perhatikan asupan makanan

Tipes dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan gizi. Maka dari itu, untuk mencegahnya anak perlu diberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi, untuk mempercepat proses pemulihan. Makanan seperti nasi, roti, pisang ataupun jus buah, sangat dianjurkan untuk diberikan pada penderita tipes. Jenis makanan seperti ini sangat mudah dicerna dan dapat membantu untuk meredakan rasa mual serta diare. Begitu pula untuk pemberian sayur-sayuran segar, juga perlu dilakukan untuk melengkapi kebutuhan vitamin si anak.

3. Madu

Untuk anak usia lebih dari 1 tahun, memberikan 1-2 sendok madu juga sangat baik untuk membantu mempercepat pemulihan. Selain itu, madu juga berkhasiat untuk menenangkan usus yang mengalami iritasi serta melindungi saluran pencernaan dari bakteri penyebab tipes.

Advertisements

Leave a reply "Mengenal Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Penanganannya"