Hati-Hati! Hal Sepele Ini Bisa Membuat Stang Motor Bergetar

Stang Motor Bergetar
 

Memiliki kendaraan pribadi memang membuat aktivitas kita semakin mudah dan lancar. Apalagi jika kita kerap mengandalkan motor saat beraktivitas. Sudah pasti kita bisa bepergian ke berbagai tempat dalam waktu singkat bila kita mengendarai motor.

Keselamatan saat berkendara tentu mesti jadi perhatian kita ketika mengendarai motor. Salah satu yang paling penting adalah kestabilan kordinasi tangan dan mata. Jangan sampai masalah dengan stang motor malah meningkatkan risiko kecelakaan. Ternyata ada beberapa hal sepele yang bisa membuat stang motor bergetar. Mari kenali penyebabnya agar kita bisa menanggulangi dengan cara yang tepat:

Bearing Roda

Komponen tengah roda ini memang berhubungan langsung dengan seluruh bagian roda. Jika ada bantalan peluru pada bearing roda yang pecah, hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan roda. Akibatnya, stang motor pun terasa tak stabil saat kita mengendarai motor.

Kerusakan Shockbreaker

Shockbreaker yang rusak rupanya juga bisa mempengaruhi performa motor. Komponen yang satu ini berfungsi untuk meredam getaran ketika kita melewati jalanan rusak. Bila shockbreaker rusak akibat terjatuh, keseimbangan stang motor pun akan ikut terganggu. Segera perbaiki shockbreaker agar motor kembali nyaman dikendarai.

Komstir

Komstir merupakan komponen motor yang terletak di antara rangka motor dan segitiga garpu depan. Komstir yang sudah digunakan dalam waktu lama bisa mengalami penurunan kualitas. Sehingga terasa longgar, kasar, dan sulit dibelokkan.

Gangguan tersebut terjadi karena bagian mangkuk bola besi pada komstir sudah aus. Solusinya, bagian tersebut harus cepat diganti untuk mengembalikan performa motor. Maka stang motor pun tak akan bergetar lagi ketika kita mengendarai motor.

Velg Motor yang Bengkok

Ternyata velg motor yang bengkok juga bisa mempengaruhi keseimbangan stang motor. Periksalah velg motor dengan teliti. Kemudian lakukan proses press velg untuk mengembalikan bentuk velg seperti semula. Jangan memaksakan diri mengendarai motor yang velg-nya bengkok. Karena hal tersebut hanya memperbesar risiko kecelakaan.

Cermat merawat komponen motor akan membuat performa berkendara kita senantiasa baik. Jadi, jangan malas mengecek kondisi motor secara teratur. Supaya risiko kecelakaan akibat motor rusak bisa diminimalkan sebaik mungkin.

Advertisements

Leave a reply "Hati-Hati! Hal Sepele Ini Bisa Membuat Stang Motor Bergetar"