Memilih Masker yang Nyaman Bagi Pengguna Kendaraan Bermotor

Masker Motor MataharimallImages: fitnessformen.co.id

Kondisi jalan yang berdebu atau dipenuhi dengan asap kendaraan memang terkadang sangat mengganggu sekali, apalagi jika Anda adalah seorang pengguna sepeda motor. Debu dan asap kendaraan dapat mengganggu sistem pernafasan dan berisiko buruk pada kesehatan. Untuk mengurangi risiko terhirup debu dan asap, pemotor biasanya menggunakan perlengkapan tambahan berkendara seperti dengan menggunakan masker motor.

Meskipun penggunaannya tidak wajib, namun menggunakan masker saat membawa sepeda motor memiliki banyak manfaat. Selain terhindar dari polusi udara, masker juga dapat mencegah partikel-partikel kecil masuk ke dalam sistem pernafasan dan juga mulut. Namun sayangnya tidak semua orang suka menggunakan masker saat berkendaraan. Mungkin karena merasa risih atau kurangnya rasa percaya diri saat menggunakan masker. Padahal masker motor sendiri sudah sangat beragam motif dan modelnya, sehingga selain dapat melindungi kesehatan juga dapat membuat Anda tampak lebih keren saat menggunakannya. Nah, jika Anda ingin membeli masker yang nyaman dan keren, Anda bisa membeli masker motor Mataharimall tentunya dengan harga yang murah.

Perlu diketahui, wanita dan pria memiliki pendapat yang berbeda dalam hal memilih masker motor yang sesuai untuknya. Wanita lebih cenderung menyukai warna masker yang cerah atau bermotif gambar-gambar lucu. Sementara pria hanya menyukai satu komposisi warna saja seperti hitam atau biru dongker. Sedangkan untuk model maskernya, kebanyakan wanita enggan menggunakan masker yang tertutup penuh (bagian hidung dan mulut) karena akan terasa lebih panas atau sesak saat digunakan. Wanita cenderung lebih suka dengan masker yang terbuat dari bahan kain dan penggunaannya cukup dengan mengikatkan kebagian belakang leher saja atau cukup diselipkan di telinga.

Sementara pria, lebih suka menggunakan masker motor yang tertutup penuh bagian hidung dan mulutnya. Bahkan yang sedang trend saat ini, masker yang paling dicari adalah yang modelnya tertutup sampai kebagian leher. Memang akan terasa sedikit lebih sesak, namun jika Anda bisa memilih bahan masker motor yang tepat, model masker yang seperti itu mungkin akan terasa sangat nyaman untuk digunakan.

Nah, sekedar tips untuk Anda yang ingin membeli masker motor di Mataharimall. Ada beberapa hal yang sebaiknya perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Bahan yang Digunakan

Kebanyakan masker motor terbuat dari bahan kain (katun) dan hanya terdapat 1 lapisan penyaring udara saja. Namun jika ingin mengikuti standart internasional, bahan kain saja ternyata tidak cukup efektif untuk menyaring debu atau partikel bebas di udara. Anda membutuhkan masker motor yang mengandung bahan karbon untuk filter udaranya. Karbon tersebut berfungsi untuk mencegah partikel halus yang masuk melalui pori-pori kain ke dalam sistem pernafasan. Selain itu, karbon ini juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang terbawa bersama udara.

  1. Model Masker Motor

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, model masker motor yang baik seharusnya tertutup penuh mulai dari hidung dan mulut. Dan juga cukup ketat saat menempel, sehingga partikel-partikel halus tidak bisa masuk dari sela-sela masker. Selain itu, ada juga model masker motor Ninja yang hampir seluruh bagian kepala tertutup, kecuali pada mata. Masker jenis ini juga bagus untuk melindungi dari polusi. Selain itu, model masker yang seperti ini juga bisa melindungi kepala dari keringat yang menempel dibagian dalam helm, yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

Itulah 2 hal yang mungkin bisa jadi pertimbangan Anda sebelum membeli masker motor yang nyaman untuk Anda gunakan. Dan yang terpenting adalah, selain masker motor tersebut, kelengkapan kendaraan bermotor lainnya jangan sampai Anda abaikan ya. Kan nggak lucu jika Anda menggunakan masker motor sementara Anda tidak menggunakan helm. Bisa-bisa Anda akan bermasalah dengan hukum.

Advertisements

Leave a reply "Memilih Masker yang Nyaman Bagi Pengguna Kendaraan Bermotor"