Cara Cepat Jual Mobil Bekas Agar Tak Merugi

1 comment 100 views

Jual Mobil Bekas

Bosan dengan mobil lama Anda dan ingin menggantinya dengan yang baru? Mungkin sebagian orang akan berpikir berulang-ulang untuk menjual kendaraan lamanya karena dikhawatirkan harganya akan turun jauh dari keinginan atau perkiraan. Sebagian orang lain yang sayang dengan mobilnya namun ingin membeli mobil baru tentu lebih memilih untuk menyimpan mobilnya dulu sampai ada yang benar-benar ingin membelinya atau membutuhkannya. Bisa juga diwariskan ke anak atau sanak saudara. Namun jika alasannya adalah karena butuh dana yang cepat, tentu akan sangat dilematis nantinya. Jual mobil bekas tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Layaknya ingin menjual barang elektronik bekas, menjual kendaraan juga memerlukan cara khusus agar kita untung atau paling tidak, tidak rugi terlalu banyak. Selain itu, mengoptimalkan pemeriksaan mobil dan perawatannya juga membuat mobil Anda lebih layak jual di mata calon pembeli. Ketika calon pembeli merasa puas dan tertarik dengan mobil Anda maka kemungkinan ia akan tetap membelinya meski tanpa tawar menawar atau dengan nego harga yang tidak merugikan. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Periksa kondisi mobil Anda.

Sebelum benar-benar menjualnya, lakukan pemeriksaan terhadap mobil Anda terlebih dahulu. Anda bisa memeriksanya sendiri atau membawanya ke bengkel untuk mengetahui bagian mana yang minus. Hal ini selain menambah nilai jual Anda, juga membuat pembeli dapat langsung memakai mobil Anda dan tidak kecewa jikalau nantinya terjadi kerusakan setelah pemakaian beberapa kali.

2. Servis mobil Anda.

Jika mobil sudah lama tidak di servis dan ingin Anda jual, hal yang perlu Anda lakukan setelah memeriksa kondisinya adalah dengan menservisnya. Atau Anda bisa juga jual mobil Anda tak lama setelah Anda menservis rutin mobil Anda. Jangan lupa juga untuk mengganti suku cadang yang memang sudah habis masanya dan memperbaiki cat mobil yang tergores.

3. Bersihkan mobil Anda.

Agar lebih menarik minat calon pembeli, kesan pertama dari penampilan luar mobil dan interior harus diperhatikan. Mobil yang bersih dan harum akan memberi nilai plus untuk mobil Anda di mata para calon pembeli. Sebelum ditawarkan atau dijual, bawalah mobil ke salon mobil.

4. Survey harga pasarannya.

Agar tidak rugi terlalu banyak, maka penting sekali bagi Anda untuk mengecek harga pasaran untuk mobil bekas Anda tersebut. Karena jika Anda menjualnya terlalu murah, maka orang akan curiga mobil Anda bermasalah, namun jika Anda menjualnya terlalu mahal dari harga pasarannya, maka pasti tidak akan mengundang minat orang.

5. Menentukan cara penjualannya.

Promosi merupakan bagian terpenting dari menjual kendaraan bekas Anda. Anda bisa menjualnya di dealer, cara ini diklaim lebih cepat dan mudah, cara lain adalah dengan memasang iklan baris di media massa atau secara online di situs jual beli barang bekas. Jika ingin cara yang lebih efektif, Anda bisa mencari iklan di media massa yang dipasang seseorang yang memang membutuhkan mobil yang sejenis dengan mobil Anda. semakin banyak promosi dan penawaran yang digencarkan maka akan semakin efektif.

6. Jelaskan kondisi mobil.

Tips terakhir untuk jual mobil cepat dan tak rugi adalah jika sudah bertemu dengan calon pembeli, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan melayaninya seramah mungkin layaknya Anda seorang marketing mobil. Jangan lupa jelaskan sejujur-jujurnya kondisi mobil dan biarkan si calon pembeli mencobanya. Bangun sugesti dan persuasi yang baik dengan calon pembeli, dengan demikian, kemungkinan besar orang akan semakin tertarik untuk membeli mobil Anda.

Advertisements
  1. author

    tri utami2 months ago

    Menentukan cara penjualannya, Yups setuju apalagi kalo cara penjualannya dengan online pastinya akan cepat karena jangkauan luas

    Reply

Leave a reply "Cara Cepat Jual Mobil Bekas Agar Tak Merugi"