Cara mengatasi Hardisk Eksternal yang Error

No comment 207 views

Hardisk Eksternal
Pasti kamu pernah mendapati hardisk eksternal kamu error atau minta diformat ulang, biasanya hardisk yang minta diformat ulang ini tidak bisa membuka file atau data yang terdapat didalamnya. Tidak semua orang selalu memback-up data mereka yang ada didalam hardisk, jadi jika tiba-tiba hardisk kamu error dan minta di format ulang pastinya kamu juga tidak ingin mengambil resiko untuk memformat ulang hardisk kamu.

Kamu bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan CMD atau Command Prompt yang sudah terdapat didalam laptop atau computer kamu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi lain lagi.

  • Masukan hardisk eksternal kamu ke laptop atau computer, kemudian pastikan keberadaan hard disk kamu ada di E,F, G atau H. letak hardisk biasanya akan berbeda di setiap laptop atau computer.
  • Klik icon windows yang terdapat di sudut kiri-bawah, lalu klik command prompt (admin)
  • Kemudian akan muncul kotak hitam, lalu ketik perintah chkdsk/f E:, E adalah letak hardisk eksternal kamu, jika letak hardisk eksternal kamu berada di F maka kamu dapat mengganti E dengan F.
  • Kemudian tekan tombol enter dan tunggu beberapa saat, proses ini akan memakan waktu agak lama, tergantung dari besarnya kapasitas penyimpanan hardisk yang kamu miliki. Perintah yang kamu ketikan di CMD sebenarnya bertujuan untuk memverivikasi data yang ada didalam hard disk kamu. Sehingga hard disk kamu tidak akan terformat atau error.

Namun jika memang hardisk eksternal yang kamu miliki sudah tidak dapat diperbaiki lagi, kamu bisa juga mencoba cara ini :

  • Cabut kabel hardisk eksterna kamu dari port di CPU atau Laptop dan dari hardisk eksternal itu sendiri, caranya copot kabelnya dari bagian hardisk eksternalnya sendiri kemudian baru dari CPU computer atau laptop kamu.
  • Tunggu 1-2 menit, kemudian pasang kembali kabel hardisk kamu sesuai dengan urutan saat kamu mencopot hardisk eksternal kamu di port yang lain.

Nah untuk kamu yang ingin membeli hardisk eksternal baru, kamu bisa melihat lihat di mataharimall.com, disana ada banyak pilihan hardisk eksternal yang akan membuat kamu lebih leluasa memilih hardisk eksternal mana yang cocok untuk kamu miliki.

Advertisements

Leave a reply "Cara mengatasi Hardisk Eksternal yang Error"