Begini Cara Diet Bagi Penderita Diabetes

No comment 78 views

Penyakit diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang timbul akibat pola makan yang salah. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan gulanya serta tidak diimbangi dengan olahraga dapat mempercepat terjadinya masalah diabetes. Jika Anda telah terlanjur mengalami masalah diabetes, hal utama yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan program diet khusus bagi penderita diabetes.

Diet Bagi Penderita Diabetes

Banyak yang bertanya, gejala diabetes itu apa aja sih?  Sebenarnya gejala diabetes itu sangat bisa kita rasakan secara langsung, seperti sering merasa haus, cepat lelah, luka yang sulit sembuh, air seni berwarna kemerahan dan sebagainya. Jika tanda-tanda seperti itu telah Anda alami, maka besar kemungkinan Anda menderita diabetes dan perlu mendapatkan penanganan.

Sebenarnya,dipasaran sudah banyak beredar obat-obatan untuk mengatasi permasalahan diabetes. Namun perlu diketahui bahwa setiap obat yang masuk ke dalam tubuh kita akan memberikan efek samping dimasa yang akan datang. Namun jika penyakit tersebut belum terlalu parah, sebaiknya lakukan program diet untuk penderita diabetes yang jelas lebih aman dan tanpa efek samping. Nah bagi kamu yang ingin melakukannya, silahkan coba tips diet bagi penderita diabetes berikut ini:

1. Makan 5 Kali Sehari

Makan sebanyak 5 kali sehari dengan jumlah yang sedikit ternyata lebih baik dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar. Sebab, makanan yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit lebih mudah di proses dan gizi yang terkandung didalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Berbeda halnya jika makan 3 kali sehari dengan porsi yang banyak, sistem percernaan tidak dapat bekerja optimal sehingga penyerapan gizi berkurang. Sementara, gizi yang terbawa oleh ampas menjadi lebih banyak terbuang lewat feses.

2. Mengganti Pemanis Gula Biasa

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi gula dalam bentuk olahan makanan, coklat, susu dan sebagainya, dapat meningkatkan kalori dalam tubuh sehingga memperparah keadaan. Maka dari itu, bagi penderita bagi penderita diabetes dianjurkan untuk mengganti pemanis gula biasa dengan pemanis yang rendah gula yang banyak dijual dipasaran.

3. Cukup Konsumsi Air Putih

Air putih (mineral) dapat mengangkut lemak dalam darah penyebab berbagai masalah kesehatan termasuk diabetes. Cukup mengkonsumsi air putih, paling tidak 1 gelas (100ml) setiap 2 jam, dapat membantu sistem pencernaan bekerja optimal, mengencerkan darah serta membuang lemak-lemak jahat penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes.

4. Makan Sayuran dan Buah-buahan

Selain hal yang telah disebutkan diatas, aneka olahan dari sayuran dan buah-buahan juga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang mengikuti program diet diabetes. Sayuran dan buah-buahan dapat membantu memperlancar proses metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penimbunan lemak. Selain itu, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin mineral dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan sedikit kandungan gula. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi dan bisa dijadikan makanan pengganti nasi yang dilarang dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Advertisements

Leave a reply "Begini Cara Diet Bagi Penderita Diabetes"