Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak Usia 3 Tahun

No comment 151 views

Susu Anak 3 Tahun
Anak yang berusia 3 tahun biasanya telah berhenti meminum air susu ibu (ASI). ASI merupakan makanan terbaik bagi si kecil yang berusia dibawah 2 tahun. Segala kebutuhan gizi untuk tubuh si kecil, ada pada ASI. Namun ketika anak sudah berhenti meminum ASI atau memasuki usia 3 tahun, maka gizi dapat diperoleh dari makanan dan minuman yang ia konsumsi. Nah, sebagai tambahan untuk asupan gizinya, orang tua dapat memberikan susu anak 3 tahun yang tinggi kandungan gizinya. Tapi, walaupun susu bukanlah makanan pokok, namun minum susu memang sangat dianjurkan oleh ahli gizi manapun. Maka dari itu kenapa ada ungkapan “4 Sehat 5 Sempurna” yang berarti bahwa susu sebagai pelengkap gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat susu anak 3 tahun yang perlu Anda ketahui:

  • Tulang kuat. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu bermanfaat untuk proses pertumbuhan dan juga untuk memperkuat tulang.
  • Pertumbuhan maksimal. Kandungan nutrisi pada susu, dapat membangkitkan dan memaksimalkan kinerja enzim-enzim pertumbuhan. Sehingga anak akan mencapai pertumbuhan yang maksimal ketika ia memasuki masa pubertas.
  • Meningkatkan volume otak. Kandungan AHA dan DHA yang ada pada susu anak 3 tahun dipercaya dapat meningkatkan volume otak, sehingga otak anak akan lebih aktif berfikir, dan membuat anak lebih mudah menerima informasi apapun
  • Membentuk dan menguatkan otot. Dalam setiap cangkir susu mengandung sedikitnya 16 persen dari asupan protein harian. Dimana protein tersebut berguna untuk membentuk dan mengungatkan otot-otot pada tubuh si kecil.

Oia.. berbicara tentang susu anak 3 tahun, pada dasarnya semua jenis susu itu bisa diberikan. Tapi alangkah baiknya jika memberikan susu pada anak sesuai dengan usianya. Biasanya pada susu formula, telah diatur jumlah gizi yang sesuai dengan tahapan usia si anak. Mulai dari 0 bulan, 6 bulan, 1 tahun hingga 3 tahun  dan bahkan 3 tahun (+) sudah ada susu yang diformulasikan dengan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Jadi Ibu tidak perlu pusing lagi memikirkan jenis susu apa yang sesuai untuk anak. Cukup dengan menyesuaikan usia dan keterangan yang ada pada kemasan susu, maka Ibu sudah bisa memberikan susu yang tepat untuk si buah hati. Agar lebih jelasnya, berikut tips memilih susu yang tepat untuk anak Anda:

  1. Perhatikan Kandungan Nutrisinya. Susu yang baik sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir mirip dengan nutrisi yang ada pada ASI. Biasanya, produsen susu formula telah menambahkan gizi tersebut pada setiap produknya. Namun untuk memastikannya, Anda bisa melihat informasi gizi yang ada dibagian belakang kemasan susu. Minimal terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, multivitamin, dan mineral. Lebih bagus lagi jika dalam susu tersebut sudah terdapat AHA dan DHA yang berfungsi untuk pertumbuhan otak anak.
  2. Merek. Meskipun bagi sebagian orang ini tidak begitu penting, namun pada kenyataannya orang lebih percaya membeli susu sesuai dengan merek yang direkomendasikan oleh orang lain.  Karena memang sudah terbukti bagus dan menunjukkan perubahan yang positif sejak meminum susu tersebut.
  3. Reaksi tubuh. Bagi yang baru diperkenalkan oleh susu formula, biasanya harus di tes terlebih dahulu dengan memberikan sedikit demi sedikit susu formula kepadanya. Jika tidak ada reaksi seperti alergi, dan sejenis, maka untuk selanjutnya anak tidak masalah untuk diberikan susu tersebut. Namun jika alergi terjadi, maka segera berhenti memberikannya susu itu, dan beralihlah dengan susu formula lain yang lebih aman untuknya.
Advertisements

Leave a reply "Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak Usia 3 Tahun"