Cara Mengatasi Berat Badan Bayi yang Berlebih

No comment 219 views

Berat Badan Bayi

Bayi yang gemuk atau montok, memang terlihat sangat menggemaskan. Hampir setiap Ibu bahkan menginginkan kondisi seperti itu pada bayinya. Banyak anggapan yang mengatakan jika bayi montok adalah tanda dari bayi yang sehat, padahal tidak selamanya seperti ini. Karena sebenarnya sudah ada ukuran tertentu untuk menyatakan berat badan bayi yang ideal dan hal itu bisa diketahui dari perhitungan antara usia dan tinggi bayi. Nah, ketika berat badan berlebih (tak sesuai dengan usianya), maka sudah tentu ini harus menjadi perhatian dari orang tua, karena bisa jadi bayi Ibu justru mengalami kelebihan berat badan (obesitas).

Obesitas atau berat badan bayi berlebih dapat dikenali dengan mudah, hal tersebut bisa dilihat langsung dari bentuk fisik tubuh bayi Ibu. Apabila tubuh bayi Ibu terlihat gemuk dan terdapat banyak lipatan dibeberapa bagian tubuhnya, seperti leher dan lengan, maka besar kemungkinan bayi ibu mengalami masalah obesitas. Selain itu, ciri lainnya yang bisa dilihat secara langsung adalah pada bagian dagu yang juga terdapat lipatan, sehingga menutupi bentuk dagu itu sendiri. Begitu pula dengan perut yang membesar serta pipi yang terlihat membulat atau Chubby. Jika tanda-tanda tersebut ada pada bayi Ibu, maka sebaiknya Ibu segera melakukan penanganan yang tepat, agar masalah obesitas tidak berlangsung lama yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Bahaya Obesitas Pada Bayi

Pada dasarnya segala yang berlebih itu tentu memiliki dampak yang tidak baik, termasuk jika berat badan pada bayi berlebih, jika tidak mendapat penanganan yang cepat, maka di khawatirkan dapat menggangu tumbuh kembangnya. Lebih jelasnya, berikut beberapa dampak buruk bayi yang mengalami kelebihan berat badan;

  • Ganggung pada pertumbuhan (tulang & gigi)
  • Bayi lebih lambat untuk berdiri/berjalan
  • Nafas lebih pendek, bahkan dapat terjadi asma
  • Gangguan pada tekanan darah, hal ini dapat berlanjut hingga ia dewasa.

Dari dampak negatif ini, tentu tak seorang pun Ibu yang ingin mengalami hal ini pada bayinya. Maka dari itu sebaiknya dari sekarang, jika tanda-tanda obesitas mulai terlihat pada bayi Ibu, maka segeralah lakukan penanganan berikut ini;

  1. Bila bayi Ibu sudah makan makanan padat, maka kurangi porsi makannya secara perlahan-lahan. Atau bisa diselingi dengan memberikan makanan pengganti nasi seperti bubur yang berasal dari kacangan-kacangan ataupun roti gandum.
  2. Kurangi pemberian susu formula. Karena pada dasarnya susu formula mengandung lebih banyak gula yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Sebaiknya, perbanyak si kecil meminum jus yang terbuat dari 100% buah asli yang bisa Ibu racik sendiri. Dengan takaran 180 ml per hari.
  3. Sayuran dan buah-buahan memiliki serat yang sangat baik untuk tubuh. Sayur dan buah-buahan dapat membantu melancarkan metabolisme, dan mengurangi penumpukan sisa makanan yang ada dalam tubuh. Sehingga dengan rutin memberikan makanan berupa sayur dan buah, akan membuat bayi terhindar dari masalah gemukan.
  4. Susun jadwal makan si kecil secar teratur. Ibu bisa mengikuti pola makan 3:2 yakni 3x makan besar dan 2x makan selingan untuk mengontrol berat badan bayi agar tetap stabil.
Advertisements

Leave a reply "Cara Mengatasi Berat Badan Bayi yang Berlebih"