3 Produk Unggulan yang Diperdagangkan di Indonesia Stock Exchange (IDX)

Indonesia Stock Exchange

Indonesia Stock Exchange atau yang lebih dikenal dengan nama bursa efek Indonesia (BEI) merupakan bursa yang terbentuk dari gabungan bursa efek Jakarta (BEJ) dengan bursa efek Surabaya (BES). Penggabungan ini bertujuan untuk menjaga efektivitas operasional dan transaksi di lantai bursa dunia.

Bagi seorang pebisnis (investor) yang terlibat dalam transaksi keuangan, mengenal bursa efek memang wajib hukumnya. Selain dapat menganalisa pasar, juga diperlukan untuk mengetahui trend yang terjadi pada saat-saat tertentu. Namun meskipun identik dengan kalangan pebisnis, bukan berarti seorang awam tidak perlu mengetahui yang namanya bursa efek. Meskipun tidak harus tau secara mendalam, akan tetapi ada hal-hal penting yang sebaiknya diketahui, seperti tentang produk apa saja yang diperdagangkan di lantai bursa. Bagi Anda calon investor atau awam, ada baiknya Anda mengetahui beberapa produk BEI yang diperjualbelikan, berikut beberapa produk unggulan yang diperdagangkan di lantai bursa.

1. Saham

Saham atau surat berharga merupakan sebuah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha yang biasanya diperdagangkan di bursa efek indonesia. Saham menjadi salah satu alternatif investor yang ingin menanamkan modalnya pada sebuah perusahaan, dengan sistem kepemilikan yang dijual dalam bentuk pecahan-pecahan. Misal setiap lembar saham dihargai Rp 100.000 maka sebagai investor yang memiliki dana 100 juta, maka Anda bisa membeli sebanyak 1000 lembar saham.

2. Obligasi

Obligasi atau surat utang perusahaan merupakan bentuk lain investasi yang ditawarkan oleh bursa efek indonesia. Meskipun tidak se-populer saham, namun obligasi memiliki nilai investasi yang sangat bagus untuk jangka panjangnya. Perhitungan keuntungan obligasi mirip dengan deposito yang dihitung berdasarkan bunga berjangka, yakni 3 bulan, 6 bulan dan bahkan ada yang mencapai  1 tahun.

3. Reksadana

Selain saham dan obligasi, bentuk investasi lain yang bisa diperoleh dari bursa efek indonesia atau IDX adalah reksadana. Ini merupakan produk favorit investor yang memiliki modal kecil. Dengan modal yang kecil dan jangka waktu yang singkat, menjanjikan keuntungan yang maksimal. Dan menariknya lagi reksadana termasuk dalam investasi yang minim resiko. Karena selain telah dilindungi oleh Bapepam, investasi Anda juga dikelola perusahaan yang telah berpengalaman, bahkan Anda yang awam dengan reksadana sekalipun akan dibantu untuk menentukan jenis investasi apa yang cocok dengan Anda. Semuanya dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan aman.

Advertisements

Leave a reply "3 Produk Unggulan yang Diperdagangkan di Indonesia Stock Exchange (IDX)"