Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Program Diet

No comment 171 views

Makanan Rendah Kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi sehingga tubuh dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Biasanya kalori banyak terdapat pada makanan yang mengandung lemak, karbohidrat dan protein. Dalam jumlah kecil, kalori dapat memberikan manfaat yang luar biasa, namun apabila kalori yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang besar dan tidak diimbangi dengan olahraga secara teratur, kalori akan menjadi masalah yang serius bagi tubuh.

Seperti yang sudah diketahui bersama, kelebihan kalori dapat berdampak pada bentuk tubuh yang menjadi tidak proporsional. Timbulnya masalah selulit (perut bergelambir) sering terjadi pada mereka yang tidak mampu mengendalikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Selain berdampak pada bentuk fisik, kalori yang berlebih juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Dalam jangka waktu yang panjang, kalori bisa memicu timbulnya berbagai penyakit termasuk jantung dan pernafasan. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kalori berlebih ini, ada baiknya Anda mulai melakukan program diet sehat untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Misalnya dengan cara mengganti makanan yang biasa dimakan dengan makanan rendah kalori.

Nah untuk membantu Anda yang ingin program diet, berikut ini beberapa daftar makanan yang mengandung rendah kalori.

1. Oatmeal/ Gandum

Orang Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi beras/nasi, padahal nasi mengandung kalori yang sangat tinggi, apalagi bila di konsumsi selagi panas. Bagi Anda sedang melaksanakan program diet, dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsi nasi. Sebagai gantinya Anda bisa mulai mengkonsumsi Oatmeal atau makanan apa saja yang terbuat dari bahan gandum. Gandum sangat baik untuk tubuh, selain rendah kalori, gandum dapat juga diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tak kalah nikmat.

2. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dikala diet juga sangat dianjurkan. Buah-buahan seperti apel, melok, jeruk, pir, anggur dan pisang memiliki kadar kalori yang sangat rendah, namun tetap mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan untuk kebugaran tubuh. Bagi yang mengikuti program diet, mengkonsumsi 3 jenis buah-buahan dalam sehari, dapat membantu memperlancar metabolisme dan menurunkan berat badan secara singkat.

3. Sayuran

Menu makanan lainnya bisa Anda nikmati saat diet adalah aneka sayuran hijau. Sayur mengandung serat yang baik untuk memperlancar pencernaan, selain itu terdapat juga banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, namun memiliki jumlah kalori yang sangat sedikit. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi semasa diet, diantaranya ada bayam, kalori, selada, lobak, tomat dan sebagainya.

Advertisements

Leave a reply "Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Program Diet"