3 Gejala Umum dari Setiap Penyebab Alergi Anak yang Perlu Dicermati

Gejala Alergi Susu Sapi

Mendapati anak menunjukan gejala alergi tentu akan membuat orangtua panik apalagi jika belum pernah mendapati pengalaman serupa sebelumnya. Memang benar bahwa alergi pada anak-anak tidak dialami semua anak, bahkan dalam satu keluarga sekalipun. Hal ini berkaitan erat dengan beberapa ciri alergi susu sapi itu sendiri yang ternyata banyak macamnya. Seringnya anak mengalami alergi pada makanan, namun bisa juga diakibatkan oleh perubahan cuaca, lingkungan, dan lain sebagainya.

Kenali Gejalanya untuk Memberi Pertolongan Segera

Alergi yang disebabkan oleh beda faktor biasanya menunjukan gejala berbeda namun tetap saja ada kesamaan meski tidak seluruhnya. Secara umum gejala jika alergi terjadi pada anak antara lain:

1. Kulit anak kemerahan dan kemudian iritasi,

Gejala pertama yang sering dijumpai ketika anak mengalami alergi adalah perubahan warna kulit yang menjadi kemerahan. Perubahan ini bisa disertai rasa gatal namun bisa juga langsung kemerahan dan membengkak. Proses alergi yang tidak segera ditolong akan membuat kulit seperti teriritasi sehingga bisa mengganggu kenyamanan anak.

2. Keinginan untuk muntah cukup sering,

Khusus untuk alergi akibat makanan dan minuman jenis apapun biasanya akan muncul reaksi muntah-muntah sebab mengganggu sistem pencernaan. Meski begitu ada kalanya alergi pada debu dan cuaca dingin juga bisa menunjukan gejala ini. Pastikan mengetahui makanan terakhir yang disantap anak atau perubahan cuaca dan lingkungan sekitar. Apabila tidak ditangani segera maka biasanya akan berlanjut ke diare atau sakit perut. Sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lanjutan.

3. Kesulitan bernafas dan bisa memicu pingsan,

Sepertinya gejala umum yang sering pula ditemui adalah kesulitan bernafas, baik akibat alergen makanan, udara, atau lainnya. Kesulitan bernafas ini tentu sangat fatal jika dibiarkan dan tidak segera melakukan pertolongan. Maka pastikan anak tidak dibiarkan sendirian atau bepergian terlalu jauh dari rumah. Pastikan pula selama ini tidak memiliki alergi apapun sehingga merasa nyaman bermain dan belajar. Menemani aktifitas anak baiknya orangtua memberikan Susu SGM, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan tidak was-was dengan terjadinya alergi susu apapun.

Advertisements

Leave a reply "3 Gejala Umum dari Setiap Penyebab Alergi Anak yang Perlu Dicermati"