Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin

No comment 339 views

Genset (Generator Set) adalah suatu alat yang dimanfaatkan sebagai pembangkit daya listrik. Fungsi utama genset biasanya dipakai ketika ada pemadaman listrik pada pihak PLN.

Umumnya genset yang paling sering digunakan adalah genset berbahan bakar diesel dan genset berbahan bakar bensin. Sebenarnya apa perbedaan diantara keduanya. Berikut ulasannya.

1. Genset Diesel (Solar)

Genset Diesel (Solar)

Harga jual genset bensin dengan diesel memang selisih cukup tinggi. Harga genset berbahan bakar diesel lebih mahal bila dibandingkan dengan genset berbahan bakar bensin. Biasanya genset berbahan bakar diesel memiliki kapasitas antara 5kW (5000 watt) sampai dengan 2MW (2.000.000 watt), memiliki silinder antara 2 sampai 16 silinder bergantung merk dan tipe gensetnya.

Perbedaan utama antara mesin genset diesel dan bensin terdapat pada pembakaran dalam ruang silindernya. Mesin diesel memanfaatkan udara yang dikompresi untuk mulai melakukan pembakaran bahan bakar solar. Pada mesin diesel juga tidak ada campuran udara dan bahan bakar diluar silinder.

Memiliki torsi yang lebih besar, namun mekanisme kompresinya tinggi sehingga menghasilkan suara bisin. Meskipun demikian kapasitas penyimpanan genset berbahan bakar diesel ini lebih besar dibandingkan genset berbahan bakar bensin yang memiliki kapasitas maksimal hanya sampai 10kw (10.000 watt)

2. Genset Bensin

Genset Bensin

Genset bensin adalah mesin genset yang memanfaatkan bensin sebagai bahan bakarnya. Sebagian Cara kerja genset yang menggunakan bahan bakar bensin diawali dari pembakaran yang disuplai oleh listrik tegangan tinggi. Listrik inilah yang menimbulkan percikan bunga – bunga api pada celah busi untuk membakar gas / bensin agar genset aktif.

Dalam segi kenyamanan mesin diesel berbahan bakar bensin lebih halus karena mekanisme kompresi rendah dalam proses pembakarannya. Mesin genset berbahan bakar bensin juga memiliki performa horse power yang besar. Bila ditinjau dari performa dan kelebihan mesin genset berbahan bakar bensin ini, tentu harga jual genset bensin terbilang relatif murah.

Namun tetap saja harga jual genset bensin biasanya bergantung dari seberapa besar Watt yang mampu dihasilkan. Juga salah satu fasilitas kapan genset ini aktiv. Semakin mahal mesin genset, biasanya dilengkapi dengan electric start dimana genset akan otomatis aktif ketika lampu padam. Pada model lain yang memiliki harga jual genset bensin rendah, biasanya tidak dilengkapi dengan fasilitas ini sehingga menghidupkan genset harus dengan cara manual.

Advertisements

Leave a reply "Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin"