Penyebab dan Gejala Kelahiran Prematur yang Harus Anda Ketahui

Penyebab dan Gejala Kelahiran Prematur

Prematur merupakan sebuah kondisi dimana seorang ibu melahirkan lebih awal atau kurang dari usia kehamilan 37 minggu. Kondisi seperti ini memang jarang terjadi, namun dari 100 kelahiran, ada 3 kemungkinan bayi yang akan lahir secara prematur. Meskipun bukan sebuah hal yang fatal, namun kelahiran prematur patut diwaspadai. Tidak hanya berdampak pada bayi yang akan dilahirkan saja, Ibu yang mengandung juga bisa terkena dampak dari kelahiran prematur tersebut.

Sebenarnya penyebab dan gejala kelahiran prematur ini dapat diketahui lebih awal selama masa kehamilan. Hal tersebut dapat diketahui dari kebiasaan semasa hamil yang memang kurang mengikuti pola hidup sehat selama kehamilan. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab kelahiran prematur ini, ada baiknya Ibu membaca ulasan berikut ini:

  1. Riwayat kehamilan

Meskipun jarang terjadi, namun riwayat kehamilan punya peran besar dalam menyebabkan kelahiran prematur. Misalnya si Ibu pernah melakukan aborsi, keguguran atau bahkan pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya. Jadi, jika Anda pernah mengalami hal ini sebelumnya, maka waspadalah karena Anda sangat beresiko untuk mengalami hal sama dengan kelahiran sebelumnya. Untuk itu segera konsultasikan kepada dokter kandungan Anda tentang hal ini.

  1. Gaya hidup

Semua orang pasti setuju jika gaya hidup sehat adalah investasi jangka panjang dan menurun. Saat hamil, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sembarangan terlebih tanpa gizi yang jelas, akan berpengaruh pada masa kehamilan. Kekurangan gizi akan membuat bayi lahir prematur. Selain itu kebiasaan buruk lainnya seperti merokok, minum alkohol dan minum obat-obatan terlarang dapat menjadikan ibu melahirkan secara prematur.

  1. Kesehatan Ibu dan Janin

Selain faktor diatas, ternyata kondisi kesehatan ibu dan janin juga berpengaruh pada kelahiran prematur. Ibu dengan penderita penyakit seperti hipertensi, anemia dan diabetes sangat beresiko mengalami masalah pada saat kelahiran. Penyakit-penyakit tersebut dapat mengganggu pertumbuhan janin dan atau bahkan bisa menyebabkan kecacatan, sehingga bayi harus dilahirkan secara prematur untuk menyelamatkannya.

  1. Adanya infeksi

Penyebab terakhir kelahiran prematur adalah terjadinya infeksi yang berkepanjangan. Infeksi ini biasanya terjadi pada saluran rahim ataupun pada area miss V. Ada juga infeksi yang terjadi pada bagian plasenta, maka dapat menyebabkan terjadi pecah ketuban. Maka dari itulah sejak awal kehamilan diperlukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui apakah ada infeksi yang terjadi. Jika memang ada, maka dapat dilakukan pengobatan sedari dini untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur.

Advertisements

Leave a reply "Penyebab dan Gejala Kelahiran Prematur yang Harus Anda Ketahui"