7 Makanan Khas Bali yang Enak dan Nikmat

No comment 170 views

Bali sudah dikenal menjadi salah satu tujuan favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menghabiskan waktu liburan untuk menikmati keindahan pantai maupun adat budaya. Alam yang masih terjaga dengan banyaknya gugusan pulau dan pesisir pantai yang indah, menjadikan Bali tempat yang sangat berkesan bagi mereka yang datang untuk berlibur.

Namun tahukah Anda jika pesona Bali tidak hanya berupa pantai dan budayanya saja? Lebih dari itu Bali punya segudang pesona yang tak cukup untuk dinikmati jika Anda hanya berada 1 atau 2 hari saja di pulau Dewata ini. Salah satunya yang jangan sampai Anda lewatkan adalah dengan menikmati makanan khas Bali yang beranekaragam jenisnya. Mulai dari makanan yang manis-manis hingga yang bisa membuat lidah Anda terbakar kenikmatan tersedia dengan berbagai pilihan. Tak percaya? Berikut ini adalah 7 makanan khas Bali yang enak dan wajib untuk Anda nikmati.

1. Tipat Blayang

Makanan Khas Bali Tipat Blayang

Kuliner yang satu ini selain dapat disantap di tempat juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bali. Tipat Blayag berasal dari wilayah Buleleng Bali. Bentuknya mirip ketupat namun dengan bentuk yang panjang dan lebih kecil. Tipat Blayag biasanya disajikan bersamaan dengan ayam suir, sayur urab, kacang kedelai dan lauk lainnya. Kuliner ini mengunakan bumbu yang berasal dari olahan tepung beras yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bali.

2. Rujak Kuah Pindang atau Rujak Bulung

Makanan Khas Bali Rujak Kuah Pindang atau Rujak Bulung

Jangan membayangkan kuliner ini sama seperti rujak khas Jawa Timur, ya, guys. Rujak Pindang di sini merupakan perpaduan dari berbagai irisan buah bahkan ditambahkan rumput laut. Sensasi segar didapatkan dari kuah pindang yang berasal dari ikan tuna. Rasanya segar dan pedas, guys. Kuliner ini juga dikenal dengan sebutan rujak bulung.

3. Sate Lilit

Makanan Khas Bali Sate Lilit

Seperti namanya, sete ini terbuat dari daging yang dicincang halus dengan balutan bumbu Bali kemudian dililitkan pada tusuk sate. Berbagai daging yang kebanyakan digunakan untuk sate lilit di antaranya daging ayam, babi, atau ikan tengiri. Kalau ingin mencobanya, sate lilit ikan tengiri banyak dicari pemburu kuliner di Bali.

4. Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali Nasi Jinggo

Kalau di Jawa Tengah dan Yogyakarta banyak ditemui nasi kucing, kalau di Bali, kamu bisa mencicipi nasi jinggo atau jenggo. Nasi seukuran kepalan tangan ini dipadukan dengan lauk yang terdiri dari daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Tak ketinggalan sambal super pedas juga disajikan dalam bungkusan daun pisang ini.

5. Ayam Betutu

Makanan Khas Bali Ayam Betutu

Mengunjungi Pulau Dewata tentunya tak sempurna jika melewatkan makanan khas Bali yang sudah menjadi icon kota ini. Yup, apalagi kalau bukan ayam betutu. Pecinta pedas tentunya tak akan termanjakan dengan sensasi yang ditawarkan kuliner ini. Beragam bumbu dan rempah-rempah dimasukkan di dalam perut ayam yang utuh yang dibalut daun pisang kemudian dipanggang mengunakan bara api sekam. Proses pembakarannya memakan waktu yang panjang sekitar 24 jam. Tentu saja hal ini agar bumbu bisa meresap hingga kelapisan terluar daging ayam.

6. Lawar Kuwir

Makanan Khas Bali Lawar Kuwir

Lawar Kuwir, campuran daging cincang dengan berbagai sayuran. Daging yang dicincang kemudian dicampur sayuran seperti kacang panjang, kemudian diolah bersama bumbu rempah khas Bali dan parutan kelapa. Biasanya daging yang digunakan adalah babi atau bebek. Kuliner yang satu ini jadi makanan favorit bagi masyarakat Bali.

7. Nasi Campur Ayam Bali

Makanan Khas Bali Nasi Campur Ayam Bali

Guys, buat menghemat budget sekaligus waktu, kamu bisa mencoba semua makanan khas Bali yang berada pada satu piring. Yup, pilihannya jatuh pada nasi campur ayam Bali.

Dalam satu porsi kuliner ini menyajikan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam. Tak, ketinggalan disantap dengan nasi putih yang masih ngepul. Untuk menambah kelezatannya, nasi campur ayam Bali bisa juga disajikan dengan menambahkan sambel matah dan sambel embe khas Bali. Jangan kaget, ya guys, kalau kamu menemukan lauk yang berbeda-beda pada kuliner ini di setiap warung di Bali. Beberapa warung makan menyajikan nasi campur ayam Bali dengan lauk yang beragam. Di antaranya ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, atau taburan kacang tanah goreng.

Advertisements

Leave a reply "7 Makanan Khas Bali yang Enak dan Nikmat"