Resep Membuat Pepes Ayam Cincang dan Daun Singkong

No comment 132 views

resep masakan dari ayam cincang

Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman kuliner tradisionalnya. Tak hanya enak untuk dinikmati, masakan tradional pun kaya akan manfaat. Bagaimana tidak, setiap menu masakan yang dibuat menggunakan bumbu-bumbu asli dari Indonesia yang kaya akan olahan dari berbagai rempah-rempah. Dalam setiap rempah yang digunakan terkandung khasiat yang dapat berguna bagi tubuh, menjaga kesehatan serta meningkatkan stamina. Jadi selain mengenyangkan, tentu dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Banyak pilihan resep masakan yang bisa disajikan setiap saat, salah satunya resep masakan dari ayam cincang yang sangat mudah untuk diolah. Namun kali ini, kita tidak akan membahas masakan berbahan dasar ayam yang diolah dengan sentuhan minyak, kita akan mengolah daging ayam dengan cara yang lebih menyehatkan yakni dengan membuat masakan berupa pepes ayam cincang yang dikombinasikan dengan daun singkong. Daun singkong merupakan bahan masakan yang menjadi favorit orang Indonesia, selain menyehatkan, daun singkong dapat diolah dengan mudah menjadi masakan yang nikmat. Seperti apa hasil dan rasanya? Berikut tips membuat pepes ayam cincang dan daun singkong selengkapnya.

Bahan-bahan utama yang dipersiapkan:

  1. 200 gram daging ayam fillet dan cincang halus
  2. 100 gram tahu segar yang sudah dihancurkan
  3. 1 butir telur ayam yang sudah dikocok (mixer)
  4. 50 ml santan kelapa kental
  5. 50 gram daun singkong yang sudah direbus
  6. Daun pisang untuk pembungkus

Bumbu halus yang dipergunakan:

  1. 5 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih
  2. 2 buah cabai merah yang masih segar
  3. 2 butir kemiri yang sudah di gongseng
  4. ½ sdt ketumbar bubuk
  5. 1 sdt garam
  6. ½ sdt gula merah yang sudah di cacah

Cara membuat pepes ayam cincang daun singkong:

  1. Haluskan semua bumbu yang telah dipersiapkan dengan menggunakan blender atau cobekan, dan sisihkan.
  2. Campurkan daging ayam yang sudah dicincangbeserta tahu, telur, santan dan juga bumbu halus pada sebuah wadah, lalu aduk hingga merata.
  3. Ambil daun singkong yang sudah direbus terlebih dahulu, lebarkan dan letakkan adonan daging ayam diatasnya, lipat adonan dengan daun singkong hingga tertutup rapat.
  4. Selanjutnya persiapkan daun pisang dan letakkan daun singkong yang telah diiisi dengan adonan tadi ke atas daun pisang. Lalu lipat sedemikian rupa dan rekatkan dengan lidi/tusuk gigi.
  5. Terakhir tinggal dikukus kurang lebih selama 30 menit hingga matang sempurna.
  6. Sajikan dalam keadaan hangat dan dengan nasi putih.
Advertisements

Leave a reply "Resep Membuat Pepes Ayam Cincang dan Daun Singkong"