Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

No comment 198 views

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Flu atau pilek dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah hidung tersumbat. Tak hanya pada orang dewasa saja, bahkan bayi sekalipun beresiko besar mengalami hidung tersumbat saat flu menyerang. Meskipun terkesan sepele, namun flu yang terjadi pada bayi patut Anda khawatirkan. Sebab bayi yang mengalami hidung tersumbat akan cenderung menjadi rewel bahkan nangis yang berkepanjangan, sehingga akan sangat mengganggu sekali bagi si kecil untuk beristirahat.

Flu pada bayi dapat terjadi pada tahun-tahun pertamanya. Sebab pada masa ini, bayi belum memiliki imun yang cukup untuk melawan virus penyebab terjadinya flu.  Flu pada bayi biasanya ditandai dengan ingus dan juga hidung tersumbat. Dan jika ini terjadi pada bayi Anda, segera lakukan penanganan agar flu tidak berlarut-larut dan dapat segera diatasi.

Namun sebagai langkah awal, saat hidung bayi tersumbat. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya berikut cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

1. Bantu bayi membuang ingusnya

Sangat mustahil bagi bayi untuk membuang ingusnya sendiri, jadi sebagai solusinya Anda wajib membantu bayi Anda untuk membuang ingusnya dengan cara menyedot secara langsung ingus dari hidung dengan menggunakan mulut Anda. Meskipun terkesan menjijikkan, namun inilah satu-satunya cara yang paling efektif agar hidung bayi tidak tersumbat dan ia bisa bernafas lega kembali. Lakukan secara perlahan dan berulang-ulang jika ingus kembali mengganggu pernafasan bayi Anda.

2. Beri si kecil cukup cairan

Jika si kecil Anda masih mendapatkan ASI, maka perbanyaklah si kecil untuk meminum ASI. ASI yang bersuhu alami (hangat) dapat membantu pernafasan bayi yang terserang flu menjadi lebih lega. Namun jika si kecil sudah lepas ASI, sebagai gantinya Anda bisa memberikan makanan atau minuman yang hangat seperti sup dan air putih hangat untuk mengencerkan hidung yang tersumbat.

3. Lakukan pengupan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan melakukan penguapan. Caranya sangat mudah, tempatkan air panas pada sebuah wadah (baskom) lalu bubuhi dengan minyak kayu putih dan letakkan dibawah dudukan Anda. Selanjutnya gendong bayi Anda dengan posisi telungkup dan wajah menghadap kebawah, sekitar 1 meter dari baskom yang berisi air panas. Uap dari air panas yang telah dibubuhi minyak kayu putih lalu di hirupkan kepada bayi Anda secara perlahan dan hati-hati. Lakukan selama beberapa menit hingga terlihat ingus mulai mencair. Jika ingus sudah terlihat mencair, langsung sedot ingus dengan menggunakan mulut Anda agar hidung bayi tidak lagi tersumbat.

Advertisements

Leave a reply "Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi"