Beli Perumahan Murah Over Kredit, Siapa Takut!

No comment 200 views

Perumahan Murah Over Kredit

Memiliki rumah sendiri tentunya adalah impian setiap orang, terlebih jika rumah tersebut diperoleh dari hasil keringat sendiri/bersama dengan keluarga. Tentu akan memiliki yang nilai yang lebih karena ada unsur ‘kerja keras’ didalamnya. Namun ternyata, tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk dapat membeli rumah sendiri, apalagi dengan penghasilan yang serba pas-pasan, tentu akan semakin sulit untuk mewujudkan.

Bagi Anda yang tidak memiliki dana cukup untuk membeli rumah baru, rumah over kredit mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan Anda. Meskipun saat ini pemerintah sudah gencar membuat program perumahan murah yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia, namun ternyata masih saja banyak orang yang belum berani untuk mengambil kesempatan tersebut. Entah itu terkendala oleh masalah dana ataupun persyaratan administrasi yang berbelit-belit, namun bukan berarti Anda tidak miliki alternatif lain untuk tetap mendapatkan rumah murah yang layak huni untuk kehidupan yang lebih baik. Nah, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membeli rumah dalam kondisi over kredit.

Rumah yang dijual secara over kredit  adalah rumah yang telah di “kuasa” kan oleh Bank. Pada kondisi seperti ini si pemilik rumah berarti belum menyelesaikan kewajibannya saat mengambil KPR, sehingga pihak Bank harus mengambil alih rumahnya. Yang seperti ini memang sering terjadi, mengingat kondisi ekonomi seseorang yang bisa saja tidak stabil, sehingga memaksa si pemilik menjual rumahnya (over kredit) yang masih dalam status KPR.

Membeli rumah over kredit bukanlah sebuah hal yang harus Anda khawatirkan, namun Anda juga tidak boleh sembarangan dan harus jeli memilih agar tidak ada masalah kemudian harinya. Rumah dijual over kredit memang lebih murah dari harga beli awalnya, sehingga Anda yang memiliki dana pas-pasan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan tinggal melanjutkan KPR sesuai dengan ketentuan yang ada. Nah, agar Anda tidak tertipu saat membeli rumah dijual over kredit, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Kenali betul seluk beluk rumah yang akan Anda beli, apakah ada sengketa atau tidak, serta periksa pula surat-suratnya apakah ada yang bermasalah atau tidak.
  2. Minta bukti pembayaran angsuran (rekening koran bank) untuk mengetahui besar angsuran yang sudah dibayarkan dan berapa sisa angsuran yang mesti Anda bayarkan.
  3. Minta bantuan seorang ahli (notaris) untuk melakukan over kredit, dengan begitu Anda akan mendapatkan sertifikat jual beli rumah yang sah, dan jangan lupa untuk meminta suara kuasa dari si penjual agar Anda bisa melanjutkan melunasi angsuran dan juga sertifikat asli jika sudah lunas.
  4. Buat surat pernyataan dari notaris jika telah ada pengambil alihan kewajiban untuk pembayaran angsuran kredit rumah dari pemilik sebelumnya, untuk menghindari masalah di kemudian hari dengan pihak Bank.
  5. Jika semua surat-surat sudah lengkap dan perjanjian jual beli dari notaris sudah diterima, segera bawa ke Bank agar dapat diproses dan Anda bisa dengan tenang tinggal ditempat tinggal Anda yang baru.
Advertisements

Leave a reply "Beli Perumahan Murah Over Kredit, Siapa Takut!"