Tips Mengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga

No comment 201 views

Tips Rumah Tangga

Tak semua orang mau berbagi masalah rumah tangga yang dihadapinya kepada orang lain, bahkan dengan saudara kandung atau orang tua sendiri. Mungkin hal tersebut memang bersifat pribadi sehingga tidak layak untuk dijadikan konsumsi banyak orang, dengan demikian orang cenderung menyimpan masalahnya sendiri dan tak mendapatkan solusi yang berarti.

Meskipun menyimpan masalah sendiri itu sangat dianjurkan, namun pada beberapa kasus yang terjadi, menyimpan masalah juga ternyata bukan pilihan yang tepat. Jika permasalahan tidak mampu diselesaikan antar suami istri saja, tentu Anda memerlukan bantuan pihak lain yang lebih berpengalaman untuk memberikan solusi terbaik atas permasalahan tersebut. Misalnya dengan meminta bantuan kepada orang tua, yang notabene sudah cukup menikmati asam garam dalam berumah tangga, sehingga bisa memberikan tips rumah tangga dengan cara yang lebih bijak untuk keharmonisan rumah tangga anak-anaknya.

Jika Anda rasa orang tua tidak perlu tahu tentang permasalahan yang terjadi di rumah tangga Anda, mungkin beberapa hal ini bisa menjadi solusi yang tepat, diantaranya adalah:

1. Fokus pada masalah

Masalah rumah tangga memang pelik, namun bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Asalkan Anda fokus terhadap permasalahan tersebut, dengan tidak berfikiran negatif terhadap apa-apa, tentu akan ada jalan keluar yang lebih baik untuk menyelesaikannya.

2. Jangan saling menyalahkan

Sudah sifat manusia yang tidak ingin disalahkan, walaupun kita sendiri sadar jika apa yang kita lakukan sebenarnya adalah salah. Namun untuk kasus rumah tangga, ada baiknya Anda dan pasangan melakukan instropeksi diri sebelum melontarkan kata-kata yang dapat memicu pertengkaran yang lebih hebat. Sebab masalah justru akan menjadi lebih pelik jika keduanya saling menyalahkan. Alangkah baiknya jika permasalahan tersebut dibicarakan terlebih dahulu dalam kondisi yang tenang, sehingga dengan kesabaran yang dilakukan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

3. Jadilah orang yang mau ‘mendengar’

Saat pasangan Anda mengajak komunikasi yang mendalam untuk menyelesaikan permasalahan, jadilah pendengar yang baik. Anda tidak perlu membantah, walaupun perasaan Anda masih belum ‘sreg’ dengan apa yang disampaikan oleh pasangan. Sebab yang Anda butuhkan dalam hubungan rumah tangga adalah ‘kebahagian’ bukan memaksakan sesuatunya menjadi ‘benar’. Untuk itu dengarkanlah, lalu mengalah, agar masalah segera terselesaikan dan hubungan Anda bersama pasangan menjadi lebih harmonis.

Advertisements

Leave a reply "Tips Mengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga"