Cara Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Nyaman Digunakan

Raket Badminton Yonex Original

Raket merupakan salah satu perlengkapan penting dalam olahraga badminton. Rangka raket terbuat dari beragam bahan yang terus mengikuti perkembangan zaman. Dahulu raket dibuat dari bahan aluminum/besi dengan gagang yang terbuat dari kayu. Sehingga bagi kebanyakan orang merasa kurang nyaman bila menggunakannya. Alasannya tentu saja karena berat sehingga membuat pukulan menjadi tidak bertenaga.

Namun lambat laun bahan yang digunakan untuk membuat raket badminton mulai mengalami perubahan. Bahan seperti aluminium sudah tidak lagi digunakan dan digantikan dengan bahan yang jauh lebih ringan seperti serat karbon. Beberapa merek ternama seperti Yonex juga sudah menggunakan serat karbon untuk produknya, sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi para penggunanya.

Terkait soal harga, harga raket badminton berbahan serat karbon memang lebih mahal dari yang berbahan aluminium. Namun hal tersebut tentunya sebanding dengan kekuatan dan banyaknya keunggulan yang dimiliki. Akan tetapi Anda bisa mendapatkan harga raket badminton yonex original murah dengan mengunjungi situs toko online blibli.

Nah, untuk Anda yang berencana ingin membeli raket badminton, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan raket badminton yang bagus:

  1. Berat raket badminton

Raket yang ringan tentu akan membuat gerakan (smash) akan menjadi lebih bertenaga. Berat raket dapat diketahui dari kode yang digunakan pada raket tersebut. Biasanya berat raket ditandai dengan kode ‘U’.  Semakin tinggi nilai ‘U’ maka raket akan semakin ringan. Contohnya raket dengan kode ‘5U’ memiliki berat 75-79 gram. Ini merupakan raket yang sempurna untuk penampilan yang maksimal.

  1. Titik Keseimbangan Raket

Raket yang bagus tentu memiliki keseimbangan yang baik. Anda bisa mengujinya dengan menggunakan jari Anda . Caranya, letakkan jari telunjuk Anda di tengah batang raket, atur posisinya hingga benar-benar berdiri seimbang. Jika telunjuk Anda lebih dekat dengan frame, maka raket tersebut berjenis power, dan jenis inilah yang dapat dikatakan layak untuk digunakan.

  1. Kelenturan Raket

Batang yang kaku tentu kurang baik digunakan untuk perlombaan badminton. Anda sebaiknya memilih batang yang lentur sehingga dapat memantulkan shuttlecock dengan lebih baik lagi. Untuk mengujinya, silahkan ambil raket Anda dan pegang kedua ujungnya. Pada bagian frame, beri sedikit tekanan hingga batang mulai terlihat membengkok, selanjutnya lepaskan frame dan perhatikan apakah raket memantul (kembali keposisi semula) atau tidak. Jika ya, maka raket tersebut memiliki kelenturan yang baik dan siap untuk digunakan.

Advertisements

Leave a reply "Cara Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Nyaman Digunakan"