4 Tips Mengatasi Rumah Terlalu Terang Karena Sinar Matahari

Syarat Rumah Sehat

Rumah yang sehat tentunya adalah rumah yang dapat disinari oleh matahari. Sinar matahari dapat membuat rumah terbebas dari bakteri dan virus karena mematikannya. Cahaya matahari juga bisa menghindari rumah dari keadaan lembab. sehingga mencegah tumbuhnya jamur.

Maka dari itu, banyak rumah dijual di Bandung, utamanya rumah mewah, dan kota lainnya, yang memiliki jendela-jendela lebar untuk membuat rumah bercahaya dari sinar matahari pada pagi siang dan sore hari.

Namun, rumah yang terlalu disinari oleh matahari juga tidak nyaman. Sinar matahari yang berlebihan dapat membuat penghuni terganggu. Karena tingginya intensitas cahaya matahari, hal ini juga dapat membuat rumah menjadi panas.

Jika memang rumah Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa tips untuk mengatasi rumah yang terlalu terang berikut ini.

Kerai

Anda bisa menjadikan kerai sebagai salah satu alat untuk mengatasi problem ini. Kerai dapat anda pasang di depan jendela rumah Anda. ketika keadaan panas, maka anda bisa menurunkan kerai. Dengan begitu, cahaya yang masuk ke dalam rumah akan berkurang.

Satu Tirai Jendela Terbuka

Menggunakan tirai atau gorden tentunya bisa menjadi salah satu trik yang dilakukan. Tapi, menutup seluruh jendela dengan tirai akan membuat ruangan menjadi gelap, dan tidak ada cahaya yang masuk. Anda bisa mengakalinya dengan membuka hanya satu bagian tirai di jendela Anda. sehingga ada bagian yang tertutup, ada pula bagian yang dibiarkan terbuka untuk sinar matahari masuk.

Tanaman dan Pohon

Untuk menghalangi banyak cahaya matahari yang masuk, anda bisa juga menanam pohon atau tanaman di halaman rumah Anda. dengan begitu, cahaya matahari yang masuk ke rumah akan berkurang oleh dedaunan, dan bagian pohon lainnya. cobalah untuk menanam pohon jambu atau mangga yang pohonnya rimbun dan daunnya lebar.

Kipas Angin

Ketika banyak cahaya matahari yang masuk, maka suhu udara akan meningkat. Panas. Maka dari itu, banyak dari anda yang akan menyalakan AC. Padahal menyalakan AC ketika suhu panas sangatlah boros listrik dan dapat merusak AC. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kipas angin yang lebih irit namun tetap efektif menyegarkan suhu ruangan.

Advertisements

Leave a reply "4 Tips Mengatasi Rumah Terlalu Terang Karena Sinar Matahari"