Perbandingan Kamera GoPro VS Xiaomi Yi, Dua Camera Action Terbaik

 GoPro VS Xiaomi Yi

Kamera GoPro merupakan action camera yang dikenal karena keunggulan  yang dimilikinya. Kamera ini merupakan kamera spesialis yang sangat baik bila digunakan di alam bebas dengan kondisi yang cukup ekstrim. Sehingga kamera GoPro mendapat posisi tersendiri dalam kategori sport kamera maupun action kamera. Kini, setelah banyak yang mengetahui betapa asyik dan menyenangkannya menggunakan kamera ini, Kamera GoPro telah di jual di banyak negara.

Perkembangan Kamera GoPro

Kamera GoPro sendiri merupakan kamera buatan perusahaan asal Amerika Serikat. Perusahaan GoPro ini berdiri tahun 2002 dan terus berkembang dinamis serta memiliki pasar yang terus berkembang. Pada mulanya perusahaan ini hanya membuat aksesoris kamera. Kemudian pada  tahun 2004 mulai membuat kamera yang masih menggunakan film rol dalam pemakaiannya. Dengan perkembangan teknologi yang masih terus berlanjut, GoPro mulai membuat kamera digital yang bisa merekam video dengan fitur yang menarik.

Pada tahun 2007, GoPro menghadirkan kamera terbaru saat itu dengan kualitas dan spesifikasi yang baik. Kekuatan kamera 5 MP dengan peluang resolusi hingga mencapai 512×384, tentunya sudah cukup menarik pada saat itu. Lebih keren lagi, kamera ini didesain sedemikian rupa sehingga mampu mengambil gambar 30 Meter dibawah permukaan air. Teknologi Kamera Anti Air ini menjadikan kamera GoPro sangat cocok bila kita bawa untuk berwisata air, tanpa harus khawatir kamera akan srusak karena terendam.

Pada generasi berikutnya, tahun 2008 GoPro meningkatkan kemampuan kamera dengam spesifikasi yang baik. lensa kamera ini memiliki kapasitas 5 MP dan lebih maju dari produk sebelummya. Baterai yang digunakan adalah 2 x AAA. Kamera GoPro ini memiliki memori internal  yang juga cukup besar pada masa itu. Tidak hanya itu, kamera ini juga support untuk SD card yang memiliki daya tampung hingga 2GB. Tentunya, ada banyak lagi keunggulan Kamera GoPro lainnya hingga saat ini.

Persaingan Ketat Kamera GoPro dan Xiaomi Yi, Kemajuan Bagi Action Camera

Kehadiran Kamera GoPro membuat action kamera menjadi sesuatu yang dikenal dan dibutuhkan para traveler serta mereka yang menyukai olahraga alam bebas. Namun demikian, kini telah hadir jenis action kamera lainnya yang memberikan penawaran lebih murah dan fitur yang tak kalah canggih. Hal ini tentu membuat persaingan ketat yang semakin menggairahkan pasar action camera di tanah air maupun mancanegara. Hal ini tentunya harus didukung agar semakin positif.

Kamera GoPro dianggap masih terlalu mahal, sementara kompetitornya bisa memberikan penawaran yang lebih murah. Walaupun semua tetap kembali pada selera dan kebutuhan konsumen. Salah satu competitor GoPro dalam dunia kamera aksi adalah Xiaomi Yi atau Yi Camera. Sebagai kamera entry-level dengan harga cukup murah, Xiaomi Yi mengusung banyak kemiripan dengan GoPro dan sekaligus keunggulan dibandingkan GoPro.

Kamera aksi terbaru dari Xiaomi Yi adalah Xiaomi Yi 4K. Anda mungkin penasaran bagaimana perbandingan kamera GoPro Hero4 Black Vs Xiaomi Yi. Kedua action camera ini dibekali banyak keunggulan. Walaupun sama-sama menggunakan Prosesor Ambrella, tentunya ada beberapa perbedaan diantara kamera GoPro maupun Xiaomi Yi yang menjadikan salah satu dari produk tersebut memiliki nilai lebih dari produk lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa poin perbandingan dari keduanya.

  1. Harga

Dari segi harga, harga kamera GoPro dalam tipe yang sama memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kamera Xiaomi Yi. Harga Kamera GoPro Hero4 Black Edition misalnya, berada dikisaran 6 jutaan, sementara Xiaomi Yi hanya setengahnya. Perbedaan harga ini bagi sebagian orang tentu menjadi pertimbangan. Apalagi jika fitur yang ditawarkan cukup sepadan. Beberapa kekurangan atau kelebihan kecil kemudian menjadi tidak terlalu diperhitungkan lagi setelah bicara soal harga.

  1. Kemampuan Video Recording

Kamera GoPro Hero4 dan Hero5 memiliki kemampuan rekam video 4K dengan resolusi 3840×2160 dalam frame rate 15fps. Jika ingin meningkatkan frame rate tentunya resolusinya bisa sedikit dikurangi. Karena sebetulnya 1080p pada 60 fps sudah sangat baik. Xiaomi Yi mampu mencapai kualitas tersebut. Walaupun secara umum apabila kemudian disandingkan dengan kontras, ketersediaan cahaya, detil warna, focus dan lain-lain GoPro lebih baik.

  1. Kemampuan Foto Berkualitas Tinggi

Banyak orang berpikir saat ini begitu mudah untuk mengambil foto dengan kualitas super, karena DSLR sampai smartphone pun bisa melakukannya. Namun, kenapa orang masih membutuhkan kamera aksi seperti GoPro atau kamera Xiaomi Yi? Karena untuk aktivitas ekstrim, perjalanan penuh tantangan, membawa kamera DSLR yang mahal lebih beresiko. Anda juga tidak mau mengorbankan ponsel pintar Anda untuk mengabadikan momen spektakuler di alam bebas bukan?

Tapi dengan kamera Xiaomi Yi 16MP Anda bisa mendapatkan foto dengan resolusi menakjubkan dan kenyamanan sekaligus. Tanpa merasa was-was kamera Anda gampang rusak. Dibandingkan hasil jepretan GoPro yang hanya 12 MP, Xiaomi Yi sedikit lebih unggul untuk kualitas foto. Meskipun begitu kamera GoPro juga unggul karena memiliki fitur ProtuneT yang bisa membantu Anda mengatur white balanced, ISO, warna, ketajaman dan sebagainya.

  1. Desain

Desain kamera GoPro secara umum lebih unggul karena GoPro nampak lebih professional dari segi tampilan. Apalagi GoPro Hero4 yang lebih compact dan ringan. Sementara Xiaomi Yi mungkin bagi sebagian orang terlalu simple atau sederhana dan nampak seperti kamera mainan biasa. Walaupun itu kembali pada selera masing-masing pengguna. Untuk menyempurnakan desain dan tampilan kamera, masing-masing produk telah melengkapi kamera mereka dengan sekian aksesoris yang begitu membantu.

  1. Daya Tahan Baterai

Nah, ini adalah hal yang benar-benar harus Anda pertimbangkan dalam memilih action camera. Baterai sangat penting peranannya, terutama ketika Anda pada posisi di alam terbuka. Kemampuan baterai kedua produk tersebut tidak terlalu jauh berbeda. Baterai kamera GoPro Hero4 adalah 1160mAH lithium-ion yang sanggup mentenagai kamera selama 2 jam tanpa menghidupkan WiFi dan Apps. Hal ini kurang lebih sama pada kamera Xiaomi Yi.  Jadi, semua tergantung pemakaian Anda.

Spesifikasi kamera GoPro dan Xiaomi Yi diatas mungkin bisa sedikit membandingkan kedua produk action camera tersebut. Kedua produk juga sama-sama mendukung penggunaan di android maupun iOS. Sekali Anda menginstal Apps untuk GoPro maupun Xiaomi, ada banyak kesenangan dan manfaat yang akan Anda temukan. Misalnya streaming aktivitasmu secara live saat terhubung dengan WiFi. Melalui Apps, Anda juga bisa mengatur banyak hal terkait mode penggunaan dan fitur-fitur pilihan Anda.

Pada intinya, kamera GoPro serta action camera lainnya seperti Xiaomi Yi merupakan sebuah kemajuan penting dalam dunia kamera digital. Anda tidak perlu pusing akan memilih yang mana, karena keduanya memiliki banyak keunggulan. Baik GoPro, Xiaomi Yi maupun produsen kamera action lainnya akan terus berusaha menghadirkan hal-hal baru dan kemajuan inovasi dalam produk mereka. Nah, disisi lain, sebagai pengguna, ditangan Anda lah pilihan untuk berkarya menggunakan action camera dinantikan dunia.

Advertisements

Leave a reply "Perbandingan Kamera GoPro VS Xiaomi Yi, Dua Camera Action Terbaik"