Gigi Berlubang, Pilih Tambal atau Cabut Gigi?

No comment 304 views

Cabut Gigi

Kondisi gigi berlubang memang sangat menyiksa, tak hanya mengganggu kenyamanan ketika makan atau minum, gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang teramat. Tak jarang, orang yang mengeluh gigi berlobang akan lebih cenderung menjadi sensitif karena harus menahan rasa sakit sementara orang lain terus mengganggunya dengan berbagai aktifitas dan pertanyaan-pertanyaan. Seketika hormon akan meningkat dan membuat orang yang mengalami masalah gigi berlubang menjadi marah atau berbicara ketus.

Bagaimana dengan Anda, pernah Anda mengalami kondisi tidak menyenangkan seperti ini? Pada dasarnya gigi berlubang bukanlah sebuah hal yang biasa terjadi, kondisi ini dapat muncul karena unsur kebiasaan kita. Semua orang pasti setuju jika menggosok gigi minimal 2x sehari sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi, selain itu mengkonsumsi makanan yang bersifat manis seperti gula dan coklat dapat menyebabkan gigi menjadi karas (berlubang). Namun sayangnya tidak semua orang rutin melakukannya, bahkan lebih hebatnya lagi banyak orang yang ketika selesai makan atau minum yang manis-manis tidak langsung menyikat gigi, sehingga terjadi penumpukan sisa manakan di sela-sela gigi hingga pada akhirnya menjadikan gigi berlubang. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah gigi yang berlubang lebih baik di tambah atau datang ke dokter gigi untuk melakukan cabut gigi? Berikut beberapa penjelasan yang mesti Anda ketahui.

Mencabut gigi bukanlah tindakan yang disarankan oleh dokter, bahkan dengan melakukan operasi sekalipun. Mencabut gigi dapat menyebabkan resiko terjadinya pendarahan. Selain itu ada banyak sekali saraf-saraf yang terhubung dengan gigi, salah satunya adalah saraf mata. Mencabut gigi dengan cara yang tidak benar, dapat membuat saraf-saraf terputus sehingga dapat berbahaya bagi mata. Bahkan yang terburuk bisa menyebabkan terjadinya kebutaan. Alasan lain yang mungkin Anda harus berfikir ulang untuk mencabut gigi adalah akan menghilangkan keindahan gigi Anda. Terlebih pada saat Anda sudah dewasa dimana penampilan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Karena gigi yang sudah dicabut secara paksa, tidak akan tumbuh kembali sehingga akan membuat susunan gigi Anda menjadi tidak rapih.

Sebagai solusi, ketika gigi berlubang sebaiknya ditambal saja. Menambal gigi tidak akan berpengaruh pada saraf-saraf gigi ataupun susunan gigi Anda. Menambal gigi harus dilakukan oleh dokter ahli (dokter gigi), karena ada petunjuk dokter yang harus dilakukan sebelum menambal gigi. Efeknya hampir tidak ada, namun setelah Anda melakukan penambalan, Anda perlu melakukan perawatan rutin untuk menjaga hasil tambalan tetap dalam kondisi yang baik.

Advertisements

Leave a reply "Gigi Berlubang, Pilih Tambal atau Cabut Gigi?"