Tips Buka Usaha Bagi yang Bermodal Minim

No comment 580 views

Tips Buka Usaha

Menjadi seorang wirausahawan mungkin adalah mimpi dari sebagian orang, bagaimana tidak dengan berwirausaha kita bisa terlepas dari aktifitas yang melelahkan di kantor yang terkadang penuh dengan tekanan pekerjaan sehingga dapat membuat diri menjadi stress. Namun sayangnya tidak semua orang berani untuk terjun langsung dan membuka usahanya sendiri. Entah karena kurang pengetahuan tentang usaha yang nantinya akan dijalani, tidak punya ide usaha atau terkendala soal modal, yang pasti hal tersebut menjadi pertimbangan besar yang dapat menghambat kemandirian finansial, sehingga dapat membuat orang menjadi malas untuk memulai sebuah usaha.

Akan tetapi diantara sekian banyaknya alasan mengapa orang terus menunda-nunda untuk membuka suatu usahanya sendiri adalah modal. Modal atau dana tunai memang hal penting yang harus dipenuhi sebelum membuka usaha. Tanpa modal mustahil untuk membuat sebuah usaha dapat berjalan dengan baik. Namun jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan jika modal adalah hal mutlak yang harus tersedia dalam jumlah besar. Ada banyak sekali ide usaha yang dapat dijalankan dengan modal minim. Nah, daripada Anda hanya terfokus pada masalah modal saja, sebaiknya simak dahulu tips buka usaha bagi Anda yang bermodal minim berikut ini:

1. Siapkan Diri dan Tentukan Ide

Bagi seorang yang baru memulai usaha, pastinya ada rasa khawatir yang berlebih muncul akan usaha yang akan Anda jalani nantinya. Nah, meskipun perasaan ini masih tergolong wajar, namun sebaiknya singkirkan jauh-jauh, karena hal itu hanya akan menghambat Anda untuk melakukan hal yang benar. Jadi siapkan diri betul-betul dan jangan lupa untuk menentukan ide usaha apa yang nantinya dapat berjalan dalam jangka panjang dan akan memberikan keuntungan. Untuk menentukan ide ini, Anda bisa melihat-lihat sekitar Anda, dan lakukan riset kecil-kecilan tentang usaha apa yang paling laku di daerah tempat tinggal Anda. Jika sudah, kemas dalam bentuk lain dan tampilkan dengan nilai lebih sehingga Anda bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya.

2. Nomor Dua kan Modal

Banyak orang yang takut terjun di dunia wirausaha hanya karena masalah modal. Padahal, untuk memulai sebuah usaha juga tidak perlu bermodalkan besar, dengan modal minim sekalipun Anda bisa membuat sebuah usaha. Yang perlu Anda lakukan adalah, menentukan ide usaha yang tepat dan target pasar yang seperti apa yang Anda incar. Lalu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Mulailah dari menyediakan stok-stok kecil, lalu jika sudah berjalan beberapa bulan dan sudah ada keuntungan yang masuk, Anda bisa mulai menambah modal sembari melihat perkembangan pada usaha Anda.

3. Lokasi yang Strategis

Suksesnya sebuah usaha juga tak lepas dari lokasi yang dipilih. Pastikan lokasi usaha Anda berada di lokasi yang strategis, yang banyak dilalui oleh orang-orang dan yang mudah terlihat. Nah, jika kebetulan usaha Anda sama dengan orang lain, maka pastikan Anda memiliki ciri khas tersendiri baik dari toko/etalase Anda maupun pelayanan yang Anda berikan. Sehingga calon pembeli terpikat pada usaha Anda, kemudian akan datang dan datang lagi.

Advertisements

Leave a reply "Tips Buka Usaha Bagi yang Bermodal Minim"