Memilih Susu Ibu Hamil yang Baik dan Sehat

No comment 233 views

Susu Ibu Hamil

Saat hamil, tubuh memerlukan banyak nutrisi dari makanan dan minuman sehat yang dimakan. Tak hanya untuk melengkapi kebutuhan gizi bayi saja, ibu hamil juga mesti mendapatkan asupan gizi yang cukup agar tubuh dan janinnya tetap terjaga kesehatannya. Ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satunya adalah kalsium. Mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung kalsium memang sangat disarankan oleh ahli gizi maupun dokter kandungan, namun terkadang rasa malas tak dapat dihindari karena kondisi tubuh yang mungkin tidak memungkinkan untuk mempersiapkan makanan-makanan tersebut dengan seorang diri. Sebagai alternatifnya, Ibu dapat mengganti asupan kalsium, dengan rutin mengkonsumsi susu ibu hamil yang memang lebih praktis dan efisien.

Kalsium bagi Ibu hamil memang sangat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin yang ada di dalam kandungan, sehingga bayi nantinya akan terlahir dengan kondisi yang sehat. Selain itu kalsium juga berperan penting untuk menjaga tulang agar tidak mudah kehilangan kalsium saat hamil. Sebab pada usia kandungan memasuki trimester ketiga, tubuh akan lebih cepat lelah karena harus menahan kandungan yang sudah terlihat membesar. Pada masa ini, tubuh (khusus bagian pinggang hingga punggung) akan lebih sering terasa sakit. Jika rasa sakit ini terus berlanjut, maka tubuh akan lebih cepat kehilangan kalsium, maka dari itu mengkonsumsi susu ibu hamil yang tinggi kalsium sangat diperlukan untuk mengembalikan kalsium yang hilang.

Lantas seperti apakah susu ibu hamil yang sehat dan baik itu?

Perlu diketahui jika pada dasarkan hampir semua susu itu baik di konsumsi saat hamil, sebab semua itu sudah diatur gizinya secara klinis. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah kadar gizi yang diperlukan oleh si Ibu semasa hamil berbeda dengan kondisi tidak hamil. Pada saat tidak hamil mungkin gizi yang diperlukan tidak begitu besar dan ada kandungan gizi lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sedangkan saat hamil, pastilah Ibu membutuhkan gizi yang lebih dengan takaran yang sesuai. Misalnya pada kebutuhan akan kalsium, dalam susu Ibu hamil, kandungan kalsiumnya pasti lebih tinggi dari susu biasa. Ibu bisa membandingkan sendiri dengan melihat daftar gizi yang ada pada kemasan susu tersebut. Kalsium yang tinggi pada susu untuk ibu hamil diperlukan untuk memperkuat tulang dan mencegah mengkroposan. Maka dari itu, banyak produsen susu yang menggunakan tagline tersebut karena produknya memang diperuntukkan bagi ibu hamil.

Selain itu di awal trimester pertama kehamilan, sebagian Ibu mungkin pernah merasakan mual yang luar biasa apalagi jika dihadapkan dengan yang namanya susu. Ini merupakan kondisi yang umum terjadi karena perubahan tubuh di awal-awal kehamilan. Saat hamil muda, mulut/lidah akan lebih sensitif terhadap bau dan rasa yang ditimbulkan oleh susu, sehingga pada akhirnya tubuh akan menolak dan timbul rasa mual bahkan muntah. Kondisi seperti jelas akan membutuh tubuh menjadi kekurangan kalsium, padahal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kalsium sangat diperlukan oleh ibu hamil. Sebagai alternatifnya, Ibu bisa memilih susu ibu hamil yang mengandung varian rasa seperti strowberry, vanila dan sebagainya. Rasa dan aroma yang dikeluarkan oleh susu berperisa buah ini akan lebih diterima oleh tubuh sehingga dapat meredam rasa mual dan kebutuhan kalsium akan terpenuhi.

Advertisements

Leave a reply "Memilih Susu Ibu Hamil yang Baik dan Sehat"