Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

No comment 236 views

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Banyak cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dapat kita lakukan. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting mengingat gigi dan mulut merupakan tempat yang bagus untuk pertumbuhan bakteri. Jika tidak terawat dengan baik, maka bakteri jahat yang ada di gigi dan mulut akan tumbuh subur dan dapat turun ke perut bersamaan dengan makanan yang kita makan sehingga, dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Maka dari itu perlu dilakukan upaya agar gigi dan mulut selalu dalam kondisi yang baik setiap hari.

Perlu diketahui jika mulut yang sehat berawal dari gigi yang sehat. Makanan yang kita makan setiap hari akan digiling (dihaluskan) oleh gigi. Gigi bertugas untuk mengunyah makanan hingga halus, dan jika gigi tidak dalam kondisi sehat (rusak) maka proses penghalusan makanan tidak akan berjalan dengan baik yang ada justru akan menyisakan timbunan makanan pada sela-sela gigi yang dapat menyebabkan permasalahan baru pada gigi seperti bau mulut. Selain itu gigi dan mulut yang tak terawat dengan baik juga dapat menimbulkan sariawan hingga yang paling parah adalah radang tenggorokan. Akan tetapi semua itu dapat terjadi bila kita tidak membersihkan gigi dan mulut secara benar, padahal cara menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak sulit dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda cukup menggunakan cara-cara yang sederhana dan aman dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Flossing sebelum menyikat Gigi

Flossing atau membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi sering dianggap hal yang sepele orang orang-orang. Memang ini merupakan rangkain membersihkan gigi yang sedikit merepotkan, namun peran benang gigi ini tidak boleh dianggap sepele. Benang gigi dapat menjangkau sela-sela yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Sehingga sisa makanan bisa terangkat lebih sempurna dan proses menyikat gigi menjadi lebih mudah.

2. Rajin menggosok gigi

Sejak jaman sekolahan kita sudah diajarkan tentang manfaat menggosok gigi dan bagaimana cara menggosok gigi dengan benar. Namun saat dewasa kita sering sekali mengabaikannya sehingga kita melupakan cara menggosok gigi yang benar. Padahal menggosok gigi minimal 2 kali sehari itu sangat penting, terutama pada pagi dan malam menjelang tidur. Cara menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi setiap hari, akan membuat gigi dan mulut menjadi sehat, serta menjaga nafas agar tidak bau.

3. Tuntaskan dengan obat kumur

Menggosok gigi saja terkadang tidak cukup ampuh untuk mengangkat sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Untuk itu Anda bisa mulai membiasakan diri untuk berkumur menggunakan obat kumur. Kandungan zat aktif yang ada pada obat kumur bersifat antibakterial yang dapat mengatasi masalah bau mulut. Selain itu zat lainnya yang ada pada obat kumur dapat membantu menghancurkan plak pada gigi sehingga gigi menjadi tampak lebih putih dan sehat.

4. Jaga makanan dan minuman

Selain 3 cara diatas, cara menjaga kesehatan gigi yang lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Anda boleh menghindari makanan yang bersifat asam dan terlalu manis. Asam dapat membuat gigi menjadi cepat kuning dan dapat mengikis lapisan enamel pada gigi. Sedangkan makanan yang terlalu manis dapat membuat gigi menjadi karas (keropos) dan berlubang. Selain itu minuman seperti kopi, soda juga sangat tidak dianjurkan di konsumsi dalam jumlah yang berlebih, karena dapat berpengaruh buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Advertisements

Leave a reply "Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"