Cara Tepat Menyembelih Hewan Qurban

No comment 355 views

Hewan Qurban

Berqurban adalah bagian dari syariat Islam yang sejarahnya diawali oleh ketaatan Nabi Ibrahim saat diperintah Allah SWT untuk menyembelih anak dari istri keduanya, Siti Hajar, bernama Nabi Ibrahim. Berkurban merupakan symbol pengorbanan hamba kepada Allah SWT, bentuk ketaatan kepadaNya dan rasa syukur dan nikmat hidup yang diberikan Allah SWT. Bagi Anda yang mampu, wajib bagi Anda untuk melaksanakan Qurban dengan menyembelih hewan Qurban. Bagi Anda yang berkurban, jangan sampai Anda salah dalam proses menyembelih karena menyembelih hewan Qurban memiliki beberapa tata cara. Oleh karena itu, simak cara tepat menyembelih hewan Qurban berikut ini.

1. Mengasa pisau hingga tajam dan perlakukan binatang kurban dengan baik.

Dalam hadist riwayat muslim disebutkan bahwa jika menyembelih hendaklah mengasah pisau terlebih dahulu karena hal tersebut adalah cara menyembelih yang baik. Sehingga jika Anda menyembelih dengan pisau yang tajam, binatang tidak merasa tersiksa dan tidak merasa kesakitan yang lama.

2. Menjauhkan pisau dari pandangan hewan yang akan dikurbankan.

Hewan juga mempunyai rasa takut, begitu juga dengan hewan Qurban. Jangan sekali-kali mengasah pisau didepan hewan Qurban karena akan membuat hewan Qurban merasa takut.

3. Hadapkan hewan qurban ke arah kiblat

Sebelum menyembelih, hadapkan hewan kurban ke arah kiblat dan ikat kaki-kaki hewan Qurban bila diperlukan.

4. Cara menyembelih unta, sapi atau domba

a. Unta: Ikat kaki kiri bagian depan sehingga unta berdiri dengan tiga kaki. Jika tidak mampu, Anda boleh mengikat membaringkan uta lalu diikat. Lalu tusuk dengan tombak atau pisau atau pedang bagian pangkal leher dengan dada sehingga darahnya mengalir.

b. Sapi, Kambing atau Domba: Berbeda dengan unta, Anda harus membaringkan sisi kiri dan kemudian penyembelih meletakkan kakinya di bagian kanan leher binatang tersebut. Lalu penyembelih memegang kepala dan kemudian menyembelihnya dengan membiarkan keempat kaki hewan qurban bergerak.

5. Berdoa sebelum menyembelih hewan qurban.

Sebelum menyembelih hewan Qurban, pastikan Anda berdoa dengan bacaan berikut ini.

– بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Dengan nama Allah dan Allah itu Maha Besar.” (H.R. Muslim)

– بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ

Artinya: “Dengan nama Allah dan Allah itu Maha Besar, Ya Allah ini adalah dari-Mu dan untuk-Mu.” (H.R. Abu Dawud dengan sanad shahih)

6. Tidak memberi upah sedikitpun kepada penyembelih

Larangan memberi upah kepada penyembelih dipaparkan oleh Ali bin Abi Thalib bahwa ada seseorang yang diperintahkan oleh Rasulullah untuk tidak memberikan upah kepada peyembelih melainkan kulit hewan qurban.

7. Si Pemilik Qurban boleh memanfaatkan sesuatu dari binatang kurban & Tidak boleh menjual sesuatupun dari Binatang Kurban.

Si Pemilik Kurban boleh mengkonsumsi sebagian dari hewan yang di kurbankan. Nabi Muhammad hanya memakan sebagian saja dari 100 hewan kuban yang dikurbankan. Jangan juga menjual sesuatu dari binatang kurban, karena hal ini berarti mengambil kembali apa yang telah disedekahkan.

Beli Hewan Qurban Online di Bukalapak

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau lahan untuk berqurban, Anda bisa membeli hewan qurban di Bukalapak. Bukalapak berkolaborasi dengan ACT dan Global Qurban untuk menjual hewan qurban yang kemudian akan disembelih dan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan seperti Palestina, Libanon, Papua dan masih banyak lagi. Anda yang membeli Qurban di Bukalapak akan mendapatkan sertifikat pengqurban dan laporan-laporan sebelum dan sesudah hewan qurban Anda disembelih. Yuk segera bantu orang-orang yang kurang beruntung dengan membeli hewan qurban di Bukalapak!

Advertisements

Leave a reply "Cara Tepat Menyembelih Hewan Qurban"