3 Hal yang Menjadi Penyebab Kelahiran Prematur

1 comment 360 views

Penyebab Kelahiran Prematur

Setiap Ibu pasti tidak menginginkan bayinya terlahir prematur. Selain usia kandungan yang tidak normal, bayi yang terlahir prematur juga memiliki berat badan yang kurang sehingga dapat membahayakan kondisi tubuh bayi itu sendiri. Bayi yang lahir normal biasanya memiliki berat 2,5 Kg, namun untuk bayi prematur memiliki berat yang kurang dari itu, sehingga membutuhkan penanganan yang serius dari pihak rumah sakit.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kelahiran prematur, namun penyebab terbesarnya datang dari si Ibu itu sendiri. Kondisi Ibu yang tidak fit/kritis bisa membuat kandungannya menjadi lemah sehingga tidak mungkin untuk melahirkan secara normal. Selain itu, kesehatan dan higienitas organ intim juga dapat menjadi penyebabnya, hal ini bisa dipicu lantaran infeksi yang terjadi pada organ intim yang berpengaruh terhadap pertumbuhan si jabang bayi. Untuk lebih jelasnya berikut 3 hal yang menjadi penyebab bayi lahir prematur:

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi yang terjadi pada saluran kemih ternyata bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Hal ini harus menjadi perhatian bagi Anda, karena infeksi saluran kemih dapat terjadi dengan gejala dan tanpa gejala. Khusus untuk yang dengan gejala, hal ini dapat ditandai dengan rasa seperti terbakar ketika buang air, sakit dibagian panggul atau dibawah pusar, sering anyang-anyangan, air seni terlihat keruh dan tidak berbau seperti biasanya. Untuk upaya pencegahannya, perbanyak minum air putih dan jangan menahan-nahan buang air, serta rutin menjaga kebersihan organ intim.

2. Infeksi Jamur

Saat hamil, hormon estrogen pada wanita akan meningkat, sehingga menyebabkan organ intim memproduksi glukogen lebih banyak dari biasanya. Glukogen ini merupakan senyawa karbohidrat yang menjadi tempat yang nyaman bagi pertumbuhan jamur. Infeksi jamur pada organ intim dapat ditandai dengan rasa terbakar pada saat buang air kecil, warna yang kemerahan, dan rasa sakit yang luar biasa hebat saat berhubungan badan. Selain itu terdapat pula cairan putih yang lengket, namun tidak berbau. Untuk penangananya, sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter kandungan Anda.

3. Listeria (Listeriosis)

Meskipun sering diabaikan ternyata, Listeria juga sangat berbahaya terhadap kandungan. Gejala infeksi ini berupa munculnya demam, pusing, sakit di bagian oto dan sebagian tubuh, diare dan kram pada perut. Di awal kehamilan, infeksi ini dapat menyebabkan terjadinya keguguran dan jika infeksi terjadi pada trisemester ketiga dapat menimbulkan kelahiran prematur.

Advertisements
  1. author

    Devi Centina1 month ago

    Selain 3 hal di atas, masih ada penyebab kelahiran prematur lain seperti riwayat keluarga yang melahirkan prematur, ada masalah di rahim, merokok atau konsumsi obat terlarang dan kurangnya mengkonsumsi makanan bergizi. Terkadang masih banyak ibu yang kurang aware dengan kesehatannya sendiri sehingga bisa mempengaruhi perkembangan janin atau proses melahirkannya

    Reply

Leave a reply "3 Hal yang Menjadi Penyebab Kelahiran Prematur"