Resep Membuat Kue Kukus Lembut dan Enak

No comment 319 views

Resep Membuat Kue Kukus

Kue kukus merupakan panganan favorit orang Indonesia, hampir setiap orang menyukai rasa dari kue legendaris ini. Manis dan lembut bercampur jadi satu, apalagi jika dimakan panas-panas, pasti menambah lezat cita rasanya.

Kue kukus termasuk ke dalam jenis kue bolu, kue ini memiliki tampilan yang cantik dalam wadah kertas yang berbentuk seperti mangkuk. Sesuai dengan namanya, kue ini dimasak dengan cara di kukus dalam sebuah wadah (panci) yang dialasi dengan wadah bolong-bolong dibagian tengahnya, dan pada lapisan terbawah diberi air kemudian dipanaskan. Nantinya air akan menguap dan melewati lapisan bolong-bolong tersebut kemudian melembutkan kue yang berada dalam cetakan. Tak sulit membuat kue tradisional ini, yang terpenting Anda harus tahu resep rahasianya agar kue tidak bantat dan bisa pecah dibagian atasnya.

Nah, daripada hanya terus membayangkannya, bagaimana jika Anda mencoba membuatnya terlebih dahulu. Berikut ini kami bagikan resep membuat kue kukus (bolu kukus) yang lembut dan enak.

Sediakan bahan-bahan berikut ini:

  • 250 gr tepung terigu serba guna
  • 3 btr telur
  • 150 gr gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdt coklat pasta
  • 15 gr emulsifier (bisa pakai Ovalet atau Starkis)
  • 1 sdt vanila ekstrak, atau
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk
  • Blueband yang telah di cairkan

Step by Step Membuat Kue Kukus:

  1. Buat adonan kue dengan mencampur tepung, telur, susu cair, gula pasir, vanila ekstrak/bubuk dan emulsifier ke dalam wadah besar, campur hingga merata dengan menggunakan mesin mixer, kemudian tambahkan blueband yang telah dicairkan, lalu aduk kembali hingga adonan kental, mengembang dan berwarna putih.
  2. Persiapkan cetakan kue yang terbuat dari aluminium yang berlubang-lubang, lalu siapkan kertas cup untuk cetakannya. Pastikan ukuran kertas cup memiliki tinggi yang sama dengan cetakan
  3. Selanjutnya letakkan pada dandang dan isi air secukupnya lalu didihkan.
  4. Sambil menunggu air mendidih, ambil sebagian adonan lalu sisihkan. Pada bagian ini beri pasta coklat atau pewarna makanan untuk membuat rasa dan bentuk yang lebih menarik pada kue kukus kita.
  5. Kemudian letakkan adonan putih pada lapisan terbawah kertas cup lalu disusul dengan memasukkan adonan yang berwarna coklat tadi, begitu seterusnya hingga beberapa lapis dan memenuhi kertas cup.
  6. Jika semua kertas cup sudah terisi, selanjutnya tinggal di kukus selama 15 menit dengan api besar, hingga adonan mengembang dan masak.

Demikianlah resep membuat kue kukus yang lembut dan enak, sangat mudah dan praktis bukan. Untuk penyajiannya sendiri, lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Namun Anda juga bisa menyajikan dalam keadaan dingin. Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a reply "Resep Membuat Kue Kukus Lembut dan Enak"