Melihat Peluang Investasi di Indonesia

No comment 413 views

Investasi di Indonesia

Indonesia dikarunai banyak sekali sumber daya alam yang bahkan tak terkira jumlahnya. Bahkan di luar sana, masih banyak sekali sumber daya alam yang belum terjamah dengan teknologi yang padahal jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakatnya. Karena sumber daya alam yang melimpah inilah, banyak investor asing yang ingin menebar jaring investasi di Indonesia.

Bicara soal investasi, Indonesia memang mampu menarik perhatian para investor asing. Hal tersebut lantaran sumber daya manusia dan modal untuk mengelola sendiri masih sangat terbatas. Selain itu kurangnya perhatian pemerintah untuk memberikan pelatihan pada sumber daya manusia indonesia masih jauh dari kata baik, sehingga investor melirik bahwa ini adalah sebuah peluang yang harus dimasuki untuk menutupi kelemahan yang Ada. Maka peran pemerintah disini adalah sebagai pengawas jalannya roda investasi dari para investor asing.

Lalu, tahukah Anda apa saja peluang investasi yang sangat potensial di Indonesia saat ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut ini:

1. Frienchise

Bukan rahasia lagi jika bisnis frienchise tumbuh subur di Indonesia. Investor melirik ini karena menilai bisnis frienchise sangat cepat untuk perputaran uangnya. Hampir segala bidang usaha didominasi oleh frienchise, seperti makanan, minuman, hingga ke sektor pendidikan (bimbingan belajar) menjadi lahan yang potensial untuk digarap. Investor bahkan tak segan-segan mengucurkan dana hingga jutaan dollar, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan minuman, makanan serta pendidikan yang cukup tinggi. Saat ini menurut data dari Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) per tahun 2014, ada sekitar 30 frienchise asing yang telah beroperasi di Indonesia, dan pastinya sektor ini masih punya peluang yang besar untuk menarik lebih banyak investor.

2. Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Selain frienchise, sektor lain yang punya daya pikat untuk menarik investor adalah pertanian, perkebunan dan peternakan. Indonesia memiliki banyak sekali lahan-lahan yang masih belum di optimalkan, sedangkan kebutuhan/permintaan untuk produk-produk pertanian, perkebunan dan peternakan masih sangat tinggi dan belum tercukupi. Jadi ini adalah kesempatan yang baik bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di sektor ini.

3. Startup

Sektor yang satu ini memang sangat hits untuk tahun ini. Sektor yang satu ini menekankan pada bidang teknologi informasi. Startup merupakan sebuah bisnis yang dirintis mulai dari 0 hingga menjadi sebuah bisnis yang besar. Biasanya ketika sebuah bisnis menjadi sangat besar, akan membutuhkan dana (modal) yang lebih besar pula agar bisnis tersebut mampu bertahan. Dan ini adalah peluang yang bagus bagi investor yang mempunyai modal besar untuk terjun di dalamnya. Salah satu bisnis startup yang paling banyak dilirik oleh investor adalah bisnis e-Commerce.

Advertisements

Leave a reply "Melihat Peluang Investasi di Indonesia"